Kamera Saku Miliki Layar Ganda

DUAL VIEW : Kamera ini memiliki keunggulan dual view bisa mewadahi hobi selfie penggunanya.

MALANG – Pabrikan Samsung memiliki satu koleksi kamera saku yang layak diperhitungkan. Dengan nama Samsung DV300F, seri ini merupakan kelanjutan generasi kamera saku Samsung berlayar ganda (dual view) sebagai keunggulan utamanya.
“Meskipun sebagai kamera saku dengan ukuran yang mungil, namun sudah dual LCD. Sehingga, pengguna akan sangat dimanjakan ketika ingin memotret diri sendiri,” ujar Sales Fanuel Kamera Cyber Mall, Hendra Iman Cahyanto.
Dia menuturkan, pada bagian depan Samsung menyertakan layar mungil berukuran 1,5 inci. Layar ini secara otomatis akan bersembunyi jika pengguna tidak menggunakan untuk self portrait. Sementara, untuk layar utama tersedia LCD dua kali lebih besar yakni berukuran 3 inci yang akan membantu pengguna membidik objek.
Dia menyampaikan bagian depan kamera terdapat sebuah lensa lebar Samsung 25 mm yang dilengkapi dengan 5x optical zoom. Untuk pengoperasiannya, pada bagian atas terdapat tombol untuk mengaktifkan layar sekunder, tombol power dan tombol shutter beserta tuas untuk zoom.
“Sedangkan pada bagian belakangnya selain LCD berukuran 3-inci untuk membantu membidik objek, juga ada beberapa tombol navigasi yang ukurannya kecil namun masih cukup nyaman digunakan,” beber dia kepada Malang Post.
Dalam hal konektivitas, fasilitas yang ditawarkan Samsung DV300F seperti port micro USB pada sisi kanannya untuk mengisi ulang baterai serta menghubungkannya ke komputer atau TV LCD. Di sektor media penyimpanan, Samsung DV300F ini hadir dengan dukungan kartu memori microSD yang ditempatkan bersama baterai di bagian bawah.
Pada kamera ini, Samsung ingin membuat pengguna lebih dari sekadar membidik dan mengambil foto, tetapi lebih berkreasi dengan pengambilan foto lalu berbagi dengan orang lain. Hal ini bisa dibuktikan melalui konektivitas Wi-Fi untuk melakukan banyak hal. Misalnya menghubungkan DV300F ke perangkat smartphone atau tablet Android untuk memindahkan hasil jepretan dengan fitur Mobile Link , atau sebagai remote viewfinder untuk membantu mengambil foto.  
“Selain itu ada fitur Social Sharing untuk berbagi hasil foto langsung ke jejaring sosial atau lewat email. Fitur-fitur tadi membantu pengguna dalam melakukan aktivitas berbagi,” goda dia kepada Malang Post.
Menurut Hendra, tersedia juga fitur back-up yang didukung oleh komputasi awan Microsoft SkyDrive dan fitur All Share andalan Samsung untuk menghubungkannya ke perangkat Samsung lain seperti TV, smartphone atau tablet. Untuk keamanan, data di kamera (foto dan video) dapat langsung diupload ke SkyDrive sehingga tidak perlu takut jika data terhapus atau kartu memori rusak. “Semua hal tersebut bisa dilakukan langsung dari kamera hanya dengan menghubungkannya ke jaringan Wi-Fi dan mengunduh aplikasi tambahan pada perangkat Android,” tegas dia.
Samsung DV300F juga hadir dengan berbagai fitur fotografi kreatif yang menyenangkan. Pertama, opsi Scene mode yang cukup banyak, bersama dengan fitur panorama. Kemudian juga ada fitur menarik lainnya seperti magic frame, funny face, photo filter, movie filter, split shot, artistic brush dan motion photo yang dapat membuat gambar foto tampak bergerak dalam format Gif. (ley/ary)