Passport Perpanjang Usia BlackBerry

TERBAIK : Usung 13 MP, ini kamera terbaik yang pernah ada pada smartphone BlackBerry.

MALANG  BlackBerry belum habis. Hal ini terbukti dengan peluncuran beberapa seri terbarunya. Salah satunya BlackBerry Passport yang kini sudah masuk ke pasar gadget tanah air.
Supervisor Oke Shop Malang, Fendy Eko Damantoro mengatakan, bila BlackBerry Passport mulai masuk di pekan lalu. "Sudah mulai masuk, tetapi di kota tertentu saja mulai 14 November lalu," katanya.
Menurut dia, kehadiran smartphone yang berbentuk seperti paspor tersebut masih terbatas di distributor TAM. Dia memperkirakan, untuk wilayah Malang baru medio Desember mendatang.
"Segera menyusul di Malang. Informasinya bulan depan sudah siap di beberapa outlet,"beber dia kepada Malang Post.
Dia mengakui, perangkat ini memiliki nilai lebih pada sisi desain yang menunjukkan sisi premium perangkat. BlackBerry Passport punya bentuk yang benar-benar kotak dengan sudut yang lancip.
"Selain bentuknya seperti paspor, bodinya tidak terlalu tebal hanya 9,4 mm. Bodinya memang dominan terbuat dari plastik, tapi adanya rangka berbahan stainless steel di sekeliling perangkat serta di sela-sela keyboard mampu membuat Passport terlihat elegan," papar dia panjang lebar.
Di samping elegan, perangkat ini juga punya konstruksi yang sangat solid. Dengan keyboard fisik qwerty, perangkat ini memiliki daya tarik berbeda ketimbang yang lain.
Berbekal bentang 4,5 inch, resolusi yang ada pada BlackBerry Passport ini sebesar 1440x1440 piksel. Kejernihan serta ketajaman menjadi nilai plus dari perangkat yang memiliki slot MicroSd hingga 128 GB ini. "Tingkat saturasi dan kontras pada warna juga kami kategorikan sangat baik," imbuh dia
Menurutnya, sudut penglihatan begitu luas sehingga dilihat dari manapun kualitas output layar tidak menurun. Menggunakan Passport di tempat terbuka dalam kondisi matahari terik pun tidak akan menjadi masalah karena visibilitas layarnya luar biasa.
Dapur pacu perangkat dimotori oleh prosesor Snapdragon 801 quad-core dengan clock 2,26 GHz, RAM 3 GB, Adreno 330 untuk GPU, dan kapasitas penyimpanan internal 32 GB yang masih bisa diekspansi dengan micro SD up to 128 GB.
Perangkat ini mengusung kamera beresolusi 13 MP di belakang serta 2 MP di depan menjadi andalan BlackBerry untuk mengisi fitur kamera. LED flash, serta optical image stabilization juga dihadirkan untuk melengkapi.
Secara kualitas, ini adalah kamera terbaik yang pernah ada pada smartphone BlackBerry. Ketajaman foto bagus dengan kontras yang baik. Resolusi yang tinggi juga membuat foto dari BlackBerry Passport punya detail yang baik sehingga tidak menjadi kendala jika ingin di-crop.
Tapi cukup disayangkan tingkat akurasi warna pada foto tergolong kurang. Saturasi warna pada foto tidak cukup tinggi sehingga warna agak pudar pada foto. Proses auto focus pada kondisi low light juga sulit dan lambat sehingga menjadi pengganjal jika ingin mengambil foto di malam hari.(ley/ary)