Aplikasi Edit Foto Ciamik untuk Para Fanboy

 APLIKASI editing foto sudah datang jauh hari sejak App Store dibuka pertama kali pada tahun 2009. Seiring dengan perangkat iDevice yang semakin baik seperti iPad, maka tugas membenahi foto pun semakin mudah dengan banyak pilihan.
Tablet berukuran 9.7 inch kini menjadi andalan beberapa editor khususnya para fanboy (sebutan untuk para penggemar produk Apple) untuk melakukan pekerjaan dari yang ringan hingga agak yang berat. Dengan tambahan satu keunggulan lagi, bisa dilakukan dimana pun dan kapan pun.
Aplikasi editing foto bergaya pro juga bertebaran di App Store, namun beberapa aplikasi yang pantas diinstal untuk pekerja editor foto professional.
1. Pixelmator
Pengguna Mac tentu saja tak asing dengan aplikasi Pixelmator ini. Karena aplikasi ini sudah memiliki pengalaman yang banyak dalam mengembangkan fiturnya di Mac. Dan Pixelmator meluangkan waktunya untuk membuat aplikasi di layar sentuh yang besar.
Aplikasi ini dijual USD 4,99 di App Store, pengguna akan mendapatkan banyak sekali filter dan efek yang yang dipisahkan dalam beberapa kali kategori tema, seperti vintage, black and white atau overexposure.
'Peralatan' untuk mengedit pun terbilang sangat lengkap untuk mengedit foto. Karena Pixemator mempunyai 12 variasi yang berbeda untuk masing-masing alat, seperti pensil, crayon, spidol, kuas, semprotan warna dan penghapus.
Dengan ragam pengaturan ini, foto Anda tentu akan diedit dengan memudah dan dimanipulasi untuk seni yang memikat.
2. Adobe Photoshop Mobile
Siapa yang tak tahu Photoshop di dekstop yang sudah populer sejak beberapa tahun lamanya. Di iOS, Adobe menyederhanakannya menjadi dua toolset, Photoshop Express (gratis) dan Photoshop Touch (USD 9.99).
Adobe Photoshop Express adalah lebih editor foto untuk amatir hingga semi profesional dengan sekitar 20 filter disesuaikan, cara untuk menghilangkan red-eye dan  memiliki satu sentuhan perbaikan sihir untuk meningkatkan kualitas gambar.
Sebagai aplikasi gratis, itu efektif untuk pengeditan dasar, tetapi tidak masuk ke fitur yang lebih canggih. Adobe Photoshop Touch adalah langkah lengkapnya. Dengan Photoshop Touch Anda mendapatkan alat yang ada di versi desktop  seperti lasso, dan masking, dan masih banyak lagi.
Satu-satunya masalah adalah, Anda harus berlangganan Adobe Creative Cloud (ada masa percobaan gratis).
3. Photogene 4
Aplikasi ini telah berkembang sebagai aplikasi pengedit foto di iOS sejak beberapa tahun, tepatnya tahun 2011. Tentu saja Photogene 4 sudah mempunyai pengalaman.
Seperti halnya Pixelmator, aplikasi ini memiliki sejumlah filter, tapi tak sebanyak pesaingnya dan aplikasi ini tak memberikan slider untuk melakukan pengaturan dengan baik.
Namun begitu Photogene 4 aplikasi yang baik untuk mengedit foto basic seperti exposure, kontras, dan menghilangkan bayangan.
Sebagai aplikasi melihat metadata foto pun terbilang baik, karena Photogene 4 mampu melihat data umum seperti ukuran gambar dan format file.
4. Snapseed
Ini juga merupakan aplikasi pengedit foto gratisan yang cukup banyak peminatnya. Tak hanya menampilkan filter beragam saja, namun juga antarmuka untuk mengedit yang mudah digunakan. Dengan Snapseed, foto Anda ditaruh di sisi kanan layar dan ada beberapa kategori di sebelah kiri untuk apa yang dapat Anda lakukan untuk mengutak-atiknya.
Snapseed memiliki kontrol otomatis untuk perbaikan yang cepat, banyak filter untuk memberikan gambar dengan tampilan tertentu, dan beberapa alat dasar seperti cropping, meluruskan, dan gambar tuning.
Aplikasi ini juga mempunyai keunggulan kemampuan untuk memilih bagian-bagian tertentu dari suatu gambar untuk mengedit. Anda dapat memilih area kecil dan menyesuaikan kecerahan, kontras atau saturasinya. Sangat cocok untuk iPad generasi Retina Display.
5. VSCO Cam
VSCO Cam adalah aplikasi lain yang telah dipuji karena desain minimalis dan - seperti Pixelmator - memiliki banyak fitur yang besar yang tersembunyi di balik tombolnya. Aplikasi ini juga memiliki komponen sosial sendiri yang memungkinkan pengguna mempublikasikan foto ke jaringan dan melihat gambar yang dibuat oleh fotografer lainnya.
Antarmuka yang sangat baik di iPad, menjaga kontrol dalam jangkauan ibu jari. Menjadi salah satu keunggulan dari Vsco Cam. Selain filter yang banyak pilihan, pengguna tak terlalu bebas memang dalam berkreasi dalam menekan saturnasi dan kecerahan. Namun beragam grid juga bisa menjadi pilihan lain dalam mencari inspirasi.(dtc/fia)