Selamat Tinggal Hard Disk Hitam

MALANG – Ketika melihat penampilan hard disk esternal dengan warna hitam polos dan bentuk yang klasik dipastikan sangat membosankan. Sebab, saat ini selain kapasitas penyimpanan yang besar, penampilan hard disk eksternal saat ini juga diperhatikan oleh konsumen. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, hard disk dengan bentuk menarik, ukuran besar, yang tetap memiliki kemampuan tinggi, Western Digital (WD) menghadirkan seri My Passport Ultra 1 TB. 
“Hard disk eksternal ini mempunyai warna yang beragam, sehingga konsumen bisa memilih sesuai dengan warna kesukaannya. Ada merah marun, biru tua, coklat, hingga hijau muda,” ujar Sales Counter I See Digital, Yesi Wahyu Safitri.
Menurut dia, dengan warna yang berbeda, sang pemilik akan dengan mudah melihat dan mengetahui, mana hard disk miliknya atau miliki orang lain. Sebab, selama ini hard disk cenderung berwarna sama, yakni hitam. “Bila berbeda, pasti sang pemilik gampang kenal,” tegas dia kepada Malang Post.
Dia menyebutkan, Hard disk My Passport Ultra berkapasitas 1TB ini telah menggunakan interface USB 3.0. Secara desain dari WD My Passport Ultra memiliki casing yang dilapisi plastik dengan berbagai macam pilihan warna.
Perempuan yang akrab disapa Fitri ini menuturkan, selain desain, WD pun telah menyertakan hard disk eksternal yang satu ini dengan beberapa software menarik. Software tersebut seperti WD Drive Utilities, WD Security dan WD Smartware.
Hard disk yang ditawarkan dengan bandrol sekitar Rp 900 ribuan ini memiliki Software WD Security dan dapat memberikan password  untuk keamanaan data yang tidak mudah diakses oleh orang lain. Sementara itu, WD Smartware merupakan software backup yang bisa mem-backup terus menerus isi hard disk eksternal atau bisa diprogram kapan harus mem-backup data. “Sebagai backup alternatif, Smartware hanya bisa melakukan backup data ke Dropbox saja,” imbuh Fitri.
Dengan USB 3.0, kinerja yang ditawarkan oleh Western Digital My Passport Ultra 1 TB ini sangat baik. Hard disk ini mampu melakukan transfer data sebesar 6 GB dalam waktu kurang dari dua menit. 
“Sangat cepat karena kinerjanya jauh melebihi hard disk eksternal dengan interface USB 2.0,” bebernya. (ley/fia)