Monitor Kesehatan dengan TalkBand B1

MALANG – Satu persatu pabrikan gadget mulai memproduksi perangkat wearable yang multifungsi. Tak terkecuali Huawei, mulai pertengahan November ini telah mengenalkan TalkBand B1, sebuah smart watch yang bisa difungsikan untuk monitoring pengguna dalam aktivitas berolahraga.
Perangkat dengan teknologi wearable adalah perangkat elektronik yang bisa dipakai atau dikenakan layaknya aksesoris seperti jam tangan, gelang, hingga kacamata. “Untuk koleksi dari Huawei yang terbaru ini berbentu seperti jam tangan,” ujar Leader Customer Service Global Teleshop MOG, Silvy Novita.
Menurutnya, bukan sekadar bisa dipakai, teknologi wearable ini memiliki beragam fungsi untuk membantu penggunanya melakukan aktivitas tertentu sehingga menjadi lebih mudah. Huawei TalkBand B1 ini, bisa dipakai untuk melakukan monitoring pada saat pengguna melakukan aktivitas olahraga. “Terdapat beberapa informasi yang bisa ditampilkan, misalnya kalori yang terbakar, jarak yang ditempuh serta jumlah langkah kaki,” papar dia kepada Malang Post.
Silvi menerangkan, untuk mengetahui kalori yang terbakar, TalkBand B1 memiliki pedometer untuk menghitung langkah kaki. Selain itu,bisa diatur pula untuk mengetahui pola tidur pengguna sehingga berfungsi membantu menjaga kesehatan.
Dia menjelaskan, jam tangan pintar tersebut bisa terhubung ke smartphone dengan perantara koneksi Bluetooth. Sehingga perangkat pun memungkinkan digunakan menerima panggilan telepon dan pesan tanpa harus memegang ponsel. Untuk menerima panggilan telepon,pengguna cukup mendekatkan permukaan depan jam tangan ke telinga,seperti mengoperasikan handsfree pada ponsel .

Menurut Silvi, perangkat yang dibandrol Rp 1,5 juta ini terdiri dari dua komponen, yaitu core dan band. Pengguna dapat melepaskan core dan menggunakannya di telinga,sama halnya dengan headset Bluetooth.
TalkBand B1 dapat digunakan pada sistem Android 4,0,iOS 5 dan dilengkapi oleh Bluetooth 4.1,layar sebesar 1,4 inci OLED. Selain itu, smartwatch ini memiliki ketahanan terhadap debu, keringat serta air. “Sehingga, dipasang sebagai asesoris di tangan pun tetap aman,” pungkas dia. (ley/feb)