Unggul Grafis Disukai Pecinta Desain

MALANG – Bagi yang mencari notebook dengan kemampuan komputasi dan grafis yang mumpuni, tampaknya harus melirik perangkat besutan Toshiba. Notebook dengan nama Toshiba C40-D ini merupakan AMD pertama di Indonesia yang telah menggunakan AMD dengan prosesor empat inti atau quad core.
Perangkat ini telah menggunakan prosesor AMD APU A4 Quad Core yang merupakan generasi ketiga, dan disandingkan dengan kartu grafis Radeon HD 8000 series. “Produk ini menggandeng AMD untuk memaksimalkan kemampuan grafisnya,” ujar Owner Putra Jaya Computer Cyber Mall, Aditya Airlangga.
Pria yang akrab disapa Adit ini menerangkan, seluruh produk APU dari AMD didesain untuk memberikan pengalaman komputasi dengan kebutuhan utama grafis dan dianggap terbaik saat ini. Selain itu, perangkat ini sudah dibekali arsitektur Graphics Core Next AMD Radeon HD 8000 series dengan kinerja grafis yang mengagumkan, namun tetap hemat daya.
Menurutnya, perangkat dengan bandrol Rp 4 jutaan ini berada di kelas notebook mainstream dan menyasar pengguna entry level. Kendati berada di kelas ini, Toshiba tidak pelit dalam memberikan fasilitasnya. Sebab, selain telah mengenakan layar 14 inci dengan resolusi definisi tinggi (HD), fitur Super Clear View LED backlit display bisa ditemukan di Toshiba C40-D ini.
Untuk kapasitas  harddisk sebesar 500 GB. Kapasitas tersebut dianggap mumpuni bagi pengguna di kalangan entry level dan pemula seperti anak SMK. Pasalnya, dengan kemampuan grafis yang andal, perangkat ini kerap menjadi jujukan pelajar yang butuh perangkat dengan fitur grafis memadai. “Anak SMK dan mahasiswa dari jurusan desain komunikasi biasanya yang berburu tipe ini,” tegas dia kepada Malang Post.
Dia menerangkan, perangkat yang dikenalkan Agustus 2014 ini telah mengusung Bluetooth v4.0. Untuk melengkapi fitur, Toshiba telah memasang memori 2GB (DDR3) serta WIFI. Dia menyebutkan, perangkat juga telah dilengkapi dengan DVD Drive. (ley/aim)