Selamat Tinggal Nokia, Selamat Datang Microsoft

MALANG – Pertengahan November lalu, Microsoft mengenalkan ponsel cerdas pertama mereka yang menandai berakhirnya era Nokia di pasar gadget. Smartphone tersebut bernama Lumia 535, yang tidak lagi menggunakan nama Nokia dengan sasaran pasar kalangan low end.
“Microsoft Lumia 535 adalah ponsel berbasis Windows Phone 8.1 yang ditujukan bagi segmen low-end. Label Microsoft menggantikan nama Nokia yang biasanya tersemat pada bagian depan dan belakang bodi ponsel,” ujar Head Store Erafone, Rizki Cahyono.
Dia menuturkan, ponsel ini sudah mulai di pasarkan di tanah air. Untuk kawasan Malang Raya, diakuinya akan mendapatkan jatah di minggu kedua Desember ini.
Lumia 535 hadir dengan spesifikasi yang sesuai dengan kelasnya, yakni kalangan menengah ke bawah. Perangkat sudah mengusung layar 5 inci beresolusi qHD (960 x 540 pixel) dan terhitung cukupan untuk menampilkan gambar yang memiliki tingkat kerapatan tinggi.
Sementara itu, untuk sector dapur pacu menggunakan prosesor quad-core dengan kecepatan 1,2GHz. Untuk menunjangnya,  RAM 1GB dan memori internal 8 GB sangat lega ketika pengguna mengoperasikan aplikasinya. Memori bisa diperlebar mencapai 32 GB. “Kapasitas memori untuk penyimpanan data sangat besar dan memuaskan,” beber dia kepada Malang Post.
Pria yang akrab disapa Kiky ini menerangkan, fitur kamera tergolong istimewa. Pasalnya, untuk kamera belakang dan kamera depan memiliki resolusi serupa, 5MP. Lensa di kamera depan mendukung wide angle dan lebih memadai untuk penggemar selfie.
Dalam seri Lumia 535, Microsoft membenamkan lima aplikasi secara cuma-cuma, yaitu Office 365, Skype, OneDrive, OneNote, dan Cortana. Inilah yang membuat Microsoft memasarkan ponsel ini dengan proposisi “5 x 5 x 5″ . “Sebutan gampang ketika promo karena layar berukuran 5 inci, kamera 5MP, dan 5 aplikasi produktivitas,” papar dia panjang lebar.
Menurut dia, komposisi perangkat dan aplikasi tersebut (khususnya keberadaan RAM 1GB, kamera depan, dan Cortana) menjadikan ponsel ini lebih menarik ketimbang model Lumia lainnya di kelas yang sama. Misalnya Lumia 530 dan Lumia 630 yang sudah dipasarkan terlebih dahulu.
Microsoft Lumia 535 memiliki enam versi warna yaitu putih, hitam, cyan, oranye terang, hijau terang, dan abu-abu gelap.(ley/ary)