Android KitKat Rp 1,2 Juta

MALANG – Belum lama ini, LG mengenalkan produk smartphone dengan nama LG L40. Seri tersebut merupakan varian dengan harga murah, namun memiliki fitur yang lumayan dalam perangkat berlayar seluas 3,5 inci.
Promotor LG Malang Plaza, Luluk Indah Novika menyampaikan, seru LG L40 memang menjadi salah satu varian dengan harga rendah. Namun, perangkat ini telah memiliki resolusi layar 320 x 480 piksel. “Layarnya juga sudah mengusung teknologi panel In Plane Switching (IPS) sehingga tampilan gambarnya dijamin berkualitas,” ujarnya.
Menurut dia, layar juga sudah mengusung layar corning gorilla glass generasi kedua. Hasilnya, perangkat lebih aman ketika terkena gesekan maupun goresan, tanpa harus menyisakan bekas beretan pada layar.
Dia menuturkan, bentuknya yang mini ketimbang seri lain dari LG tidak membuat perangkat tidak memiliki fitur yang mumpuni. Sebagai bukti, perangkat dengan bandrol Rp 1,2 jutaan ini disokong dengan prosesor Snapdragon 200 dual core dengan tingkat kecepatan 1,2 GHz dari Cortex A7. “Prosesor ini cukup bagus, dan semakin disempurnakan dengan pengolah grafis Adreno 302, dan membuat tampilan layar semakin tajam serta jernih,” papar dia kepada Malang Post.
Luluk menjelaskan, perangkat ini memiliki satu kelemahan pada sisi RAM. Pasalnya, dengan harga yang menyasar kalangan entry level, LG baru memasang RAM 512 Mb saja. Sehingga, pengguna tidak disarankan menjalankan beberapa program secara bersamaan.
“Aktivitas multitasking lebih lambat. Lebih baik buka salah satu saja agar tetap lancar,” imbuhnya.
Sementara itu, perangkat ini sudah mengusung sistem operasi Android 4.4 KitKat untuk mengurangi kekecewaan pengguna. Menurutnya, dengan OS tersebut seri ini memberikan jaminan aktivitas selancar di dunia maya lebih baik, baik menggunakan konektivitas jaringan 3G HDSPA maupun Wifi.
Dia menambahkan, untuk fitur multimedia seperti kamera, LG L40 baru mengusung satu kamera belakang saja, dengan ukuran 3,15 MP. Hasil jepretan, bisa disimpan dalam memori eksternal seluas 4 GB, dan bila masih merasa kurang bisa diperluas dengan memori eksternal mencapai 32 GB. (ley/feb)