Advan Makin Lengket dengan Microsoft

Bisa dibilang Advan adalah produsen tablet lokal yang cukup agresif. Setelah belum lama ini mengumumkan tablet Windows dengan harga terjangkau, kini vendor lokal itu makin mempererat hubungan dengan Microsoft lewat penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding).
Artinya ke depannya bakal lebih banyak lagi tablet berbasis Windows yang akan dirilis Advan. Jude Buckley, Corporate VP Intel yang hadir dalam penandatanganan tersebut juga pede pasar tablet masih akan berkembang, meski saat ini pertumbuhannya agak tersendat.
“Masih akan tumbuh karena adanya inovasi, contohnya adalah dengan menyodorkan spesifikasi lumayan tapi dengan harga yang terjangkau,” ujar Buckley di Hotel Aston Kuningan, Jakarta, Rabu (3/12/2014).
Advan sendiri telah mengklaim sebagai produsen tablet nomor wahid di Indonesia. Bahkan untuk ukuran Asia Pasifik, produsen yang punya pabrik di Semarang ini juga mengklaim berada di urutan atas.
“Dua bulan lalu kami masih berada di posisi ketiga se-Asia Pasifik. Sekarang kami telah berhasil menempati posisi runner-up. Semoga dalam 2 bulan ke depannya kami bisa berada di posisi puncak,” klaim Tjandra Lianto, Marketing Director Advan.
Lebih lanjut, petinggi Advan lainnya yakni Andy Gusena yang menjabat Brand & Marketing Strategic Advan mengatakan dua tablet Windows sebelumnya yakni VanBook W80 dan W100 barulah permulaan. Tak hanya mengincar pengguna secara umum, Advan juga akan merilis tablet Windows yang mengincar pengguna usia muda dan juga professional.
“Berbeda dengan negara lainnya, di Indonesia itu penggunanya senang membeli tablet dari ukuran layar yang paling kecil. Jadi ke depannya kami akan melengkapi varian yang ada dengan berbagai pilihan ukuran layar,” pungkas Agus. (dtc/ary)