Menunggu Samsung Double Processor

MALANG – Di penghujung akhir tahun 2014, vendor gadget asal Korea Selatan, Samsung semakin gencar menelurkan smartphone canggihnya. Salah satunya Samsung Galaxy Alpha, yang dikenalkan ke pasar gadget medio Oktober lalu, dan mulai masuk di pertengahan November lalu. Smartphone tersebut memiliki daya tahan yang kuat sebab ditanamkan dua prosesor sekaligus dalam satu perangkat.
“Samsung Galaxy Alpha memiliki nilai lebih dengan dua dapur pacu. Yang pertama Quad Core 1.8 GHz Cortex A15, lalu pada prosesor kedua menggunakan Quad Core 1.3 GHz Cortex A7 yang dapat menghasilkan kecepatan yang sangat tinggi,” ujar Supervisor Oke Shop Malang, Fendy Eko Damantoro.
Menurutnya, dengan dua prosesor ini, pengguna smartphone dengan bebas dapat memainkan HD Gaming yang menuntut spesifikasi teknis yang tinggi. Hal itu, dilahap dengan mudah  oleh Samsung Galaxy Alpha ini. Otak pada handset dipercayakan kepada chipset tipe Exynos 5 Octa 5430 dan kartu grafis Mali T628 MP6 yang siap menjamin kualitas tampilan dan kenyamanan pada saat menjalankan HD Gaming.
Dia menjelaskan, sistem operasi terbaru Android KitKat v.4.4.4 semakin menambah istimewa sektor dapur pacu yang ada pada spesifikasi Samsung Galaxy Alpha dengan teknologinya yang mutakhir. “Selain itu, RAM diberikan ukuran ekstra besar 2 GB yang siap menghandle dengan lancar proses multitasking yang dilakukan pengguna gadget,” beber dia kepada Malang Post.
Terlepas pada spesifikasi mesin, perangkat yang dibandrol Rp 7,449 juta ini juga menawarkan desain yang elegan dan fashionable. Ponsel yang berbahan dasar logam pada bodinya ini memiliki dimensi 132.4 x 65 mm dengan ketebalan 6.7 mm dan berat 115 gram yang menjadikan smartphone ini nyaman untuk digenggam dan dibawa bepergian menemani aktivitas yang mobile dari pengguna.
Menurutnya, tipe layar Samsung Galaxy Alpha adalah Super Amoled Capacitive Touchscreen yang dapat menghasilkan 16 juta warna. Tipe ini menghasilkan kualitas layar yang sangat jernih dan tajam sehingga sangat cocok sekali ketika digunakan untuk menonton film kualitas HD dan melakukan aktivitas multimedia.
“Resolusinya 720 x 1280 pixels dengan bentang 4.7 inci dan tingkat kedalaman warna sangat tinggi yaitu 312 ppi pixel density. Layar pada spesifikasi Galaxy Alpha yang apik ini dilengkapi dengan fitur multitouch yang dapat mendeteksi lebih dari satu jari pada layar serta fitur proteksi dari goresan,” urai dia panjang lebar.
Untuk membidik foto Galaxy Alpha memiliki kamera belakang beresolusi 12 MP yang dapat menghasilkan kerapatan foto 4128 x 3096 pixels dan video dengan kualitas 2160p pada 30 frame per detik, 1080p pada 60 frame per detik, dan 720p pada 120 frame per detik. Kamera belakang ini dapat menghasilkan foto menawan dan menampilkan detail-detail kecil pada panorama yang indah. Sedangkan pada kamera depan memiliki resolusi 2.1 MP yang kualitasnya ciamik ketika pengguna melakukan aktivitas foto selfie atau video call dengan relasi bisnis.
Sayangnya, penggemar gadget di Malang mesti bersabar untuk dengan mudah berburu perangkat ini. Sebab, ketersediaan barang sangat terbatas dan masih dalam tahap trial untuk membidik pasar di Malang. “Di outlet seperti Oke Shop ini saja baru dua kali barang datang dengan jumlah yang sedikit, dan langsung habis. Padahal peminatnya banyak,” papar dia panjang lebar.
Menurut dia, perangkat ini akan mulai lancar suplainya di penghujung Desember ini. Fendy menerangkan, untuk saat ini penjualan yang ready masih di kota-kota besar seperti Jakarta atau Surabaya. Sementara, di Malang masih harus inden terlebih dulu.(ley/ary)