Panorama Maksimal dengan Ponsel

SAAT  ini kamera dari smartphone memiliki fitur bawaan yang beragam yang memudahkan penggunanya dalam mengambil foto dengan berbagai cara. Salah satu fitur bawaan yang menarik dari kamera smartphone adalah foto panorama.  
Foto panorama merupakan foto yang dihasilkan dari penggabung beberapa gambar untuk membentuk hasil foto yang lebar memanjang. Biasanya foto panorama ini digunakan pada saat kita ingin mengambil gambar pemandangan atau keseluruhan area.
Berikut adalah beberapa tips singkat mengambil foto panorama:

1. Minimalkan Gerakan
Ketika ingin mengambil foto panorama, biasanya aplikasi bawaan kamera smartphone akan memberikan panduan dalam menggeser smartphone dari kiri ke kanan agar mendapatkan hasil gambar yang baik. Ketika pergeseran ini sebaiknya pembaca melakukan pergerakan secara perlahan agar menghasilkan foto yang tidak blur.

2. Pilih Pencahayaan yang Baik
Selain itu, dalam hal pencahayaan sebaiknya melihat area yang tepat sebelum mengambil foto. Kondisi cahaya yang berubah-ubah tidak kondusif, karena akan menyebabkan gambar yang dihasilkan kurang baik.

3. Perhatikan Gerakan Subyek Foto
Pastikan juga bahwa subyek di sekitar area yang akan diambilnya fotonya tidak dapat bergerak dengan cepat agar tidak merusak hasil foto panorama yang diambil.

4. Perhatikan Cuaca
Hal lain yang perlu dilakukan adalah memperhatikan kondisi cuaca yang sedang terjadi. Karena, apabila terdapat gangguan seperti hujan, bisa menyebabkan aplikasi sulit mengenali sudut foto untuk disambungkan.
Pada perangkat smartphone tertentu, foto panorama bisa diambil dengan fitur Auto Panorama. Fitur ini memungkinkan penggunanya dapat mengambil foto panorama secara otomatis tanpa perlu menggeser smartphone dari titik awal hingga akhir foto.
Hal itu, misalnya, dapat dilakukan lewat perangkat Oppo N3 yang memiliki kamera yang dapat diputar dari depan ke belakang. Meski otomatis, pengguna tetap perlu memerhatikan beberapa tips di atas dalam mengambil foto panorama, terutama terkait gerakan tangan dan subyek.