Note 3 dan Note 3 Neo Naik Pamor

MALANG – Kuartal terakhir 2014 ini, pabrikan raksasa asal Korea menggelontorkan beberapa seri premiumnya hampir pada saat yang bersamaan. Perangkat tersebut mulai dari Samsung Galaxy Note 4, Note Edge hingga Galaxy Alpha. Meskipun demikian, beberapa seri sebelumnya yang juga baru dikeluarkan 2014 ini masih tidak kalah pamor. Misalnya Galaxy Note 3 dan Note 3 Neo yang justru diburu oleh penggemar gadget sekitar satu bulan terakhir.
Head Store Erafone Malang, Rizki Cahyono menyampaikan, seri terbaru dari Samsung mulai meluncur di pasar gadget Kota Malang medio Oktober lalu. Hasilnya, beberapa seri yang juga menyasar pasar premium mengalami penurunan harga.
“Samsung Galaxy Note 3, Note 3 Neo hingga Samsung Galaxy S5 harganya menjadi lebih murah karena ada seri baru yang diklaim lebih canggih,” ujarnya.
Kondisi tersebut, dimanfaatkan oleh penggemar gadget yang sebelumnya berburu seri tersebut. Sebab, harga turun dengan rentang yang cukup lumayan, hampir mencapai Rp 1 juta. Misalnya, Galaxy Note 3 yang kini bandrolnya menjadi di bawah Rp 7 juta.
“Customer yang sudah tertarik dengan fitur dari seri ini memanfaatkan untuk membeli. Apalagi, ketika melihat review seri terbaru yang dirasa kurang menarik dengan sedikit perbaikan fitur, namun selisih harganya sangat tinggi,” papar dia panjang lebar.
Tak pelak, diakui oleh pria yang akrab disapa Kiky tersebut, Samsung Galaxy Note 3 dan Note 3 Neo mengalami peningkatan sales beberapa waktu terakhir. Menurutnya, setiap hari dipastikan ada penjualan dari kedua seri tersebut. “Minimal sehari satu, terutama untuk Galaxy Note 3 yang menyasar kalangan premium. Sebab, seri yang baru harganya di atas Rp 9 juta, masih sangat tinggi,” urainya.
Terpisah, Owner Shinta Cell, Setiawan mengakui hal yang hampir sama. Menurut dia, salah satu seri yang kini digemari yakni Samsung Galaxy Note 3 Neo. “Alasannya beragam, tetapi salah satunya harga yang lebih murah dengan fitur yang sudah bagus,” jelas dia kepada Malang Post.
Menurutnya, Note 3 Neo kini dibandrol dengan harga Rp 4,6 jutaan. Selain itu, hadiah langsung seperti memori card sebesar 8 GB juga berpengaruh pada penjualan. “Rata-rata outlet yang menjual Samsung juga mengalami hal yang sama,” tegas dia.
Samsung Galaxy Note 3 memiliki daya tarik pada besarnya memori internal mencapai 32 GB dan masih ditambah dengan eksternal memori mencapai 64 GB. Selain itu, RAM yang diusung sebesar 3 GB yang menjamin keleluasaan perangkat ketika dioperasikan untuk pekerjaan maupun games dengan tingkat kerapatan gambar yang tinggi.
Sementara itu, untuk Note 3 Neo memiliki keunggulan pada fitur dual SIM, prosesor dual core dan kemampuan memori eksternal yang bisa diperluas mencapai 64 GB. “Selain itu, bila ingin memiliki perangkat Samsung Note, seri ini terhitung terjangkau,” pungkas dia. (ley/fia)