Google Hapus Aplikasi 'Bajakan' di Play Store

JAKARTA - Google memutuskan untuk tidak membuat daftar hitam dari beberapa website bajakan yang bisa dilacak melalui mesin pencarinya. Akan tetapi, baru-baru ini dikabarkan perusahaan mulai menghapus aplikasi yang berkaitan dengan piracy di Google Play Store.
Dilansir Ubergizmo, Senin (8/12) kemarin, menurut laporan, Google secara aktif menghapus aplikasi yang berkaitan dengan bajakan, seperti The Pirate Bay Proxy, The Pirate Bay Premium, The Pirate Bay Mirror dan PirateApp.
Aplikasi-aplikasi tersebut telah dihapus dari peredaran di toko aplikasi Google Play. Menurut developer dari aplikasi ini, mereka sudah mengirimkan pesan yang menginformasikan bahwa aplikasi mereka akan dihilangkan dari Google Play.
"Alasan untuk penyisihan, pelanggaran kekayaan intelektual dan peniruan atau ketentuan perilaku menipu Content Policy (Kebijakan Konten)," ungkap pesan dari developer aplikasi piracy tersebut.
Bagi yang sudah mengunduh aplikasi seperti The Pirate Bay Proxy, The Pirate Bay Premium, The Pirate Bay Mirror dan PirateApp, kabarnya aplikasi ini masih bisa digunakan. Hanya saja, aplikasi tersebut sudah tidak muncul di Google Play.
Walau aplikasi itu sudah lenyap di Google Play, tetapi pengguna kabarnya masih bisa mengunduhnya melalui toko aplikasi third-party. Selain itu, pengguna juga mungkin bisa mengunduh file APK melalui internet dan meng-install-nya secara manual. (ok/aim)