Kodok Hijau Menyebar di BBM

MALANG–Para pengguna smartphone yang memiliki aplikasi chatting, BlackBerry Messenger (BBM), hingga Twitter selama dua hari terakhir dihebohkan penggunaan display picture (DP) kodok hijau. Aksi ini berasal dari sebuah pertanyaan yang menyebar melalui pesan berantai (broadcast) dan terdapat punishment mengganti DP bergambar kodok bila sala menjawab pertanyaan tersebut.
Fenomena kodok hijau ini berlangsung sejak Senin (8/12) malam, hingga Rabu (10/10) kemarin. Masih saja banyak yang menjawab salah dan terkena korban kodok hijau. Komedian Fitri Tropika menjadi salah satu yang bingung dan mempertanyakan fenomena ini. Lewat akun twitternya, perempuan yang akrab disapa Fitrop ini bingung. “Ada apa sih dengan fenomena bbm kodok ijo?,” kicaunya di akun @fitrop, Selasa (9/12/) lalu.
Beberapa saat kemudian, salah satu followernya memberitahu tentang pesan berantai yang berisi pertanyaan di BBM. “Jadi klo gak bisa jawab pertanyaan mesti ganti DP bbm jadi kodok ijo?! Soalnya apa sih?” kicaunya lagi.
Akhirnya, beberapa saat kemudian dia menjawab salah, dan dengan fair mengganti DP twitter menggunakan kodok hijau. Sembari mengganti DP, dia masih tetap membuat tweet. “Ini hukuman mesti pake DP kodok ijo mesti berapa lama sih??,”  kicau dia.
Aksi ini pun marak terjadi selama dua hari. Tak pelak, beberapa kontak BBM seakan kompak mengganti DP. Termasuk beberapa list kontak Malang Post yang hingga hari ketiga masih belum tahu jawaban dari pesan berantai tersebut. Berikut pesan berantai yang diterima Malang Post selama dua hari terakhir.
 “Ada seekor kodok hijau yang masih tidur pas jam 7 pagi, eh ada yang ngetok pintu kamar-nya sebanyak 7 kali. Dan Tadaa! Itu temen si kodok yang mau buatin surprise sarapan pagi berupa beberapa kotak-kotak kado berisi makanan-makanan kesukaan si kodok. Tujuannya sih mau makan bareng gitu. Disana ada nuttela, keju, cokelat, roti dan nasi goreng, susu, dan lalat hidup. Menurut kamu, apa yang harus dibuka duluan oleh si kodok?” demikian bunyi pertanyaan itu.
Jawaban dari pertanyaan ini sudah banyak yang mengetahui. Sejumlah blog dan akun di forum internet telah ramai mengunggah jawaban. Pengguna Internet (netizen) menyarankan untuk menjawab pertanyaan dengan “mata”. “Jawab saja dengan mata. Pasti aman, sebab jika menjawab ‘pintu’ atau ‘kado’ pasti salah,” beber Melinda Mahardiani, salah seorang pengguna smartphone yang sebelumnya salah menjawab.(ley/ary)