Telkomsel Hadirkan Layanan 4G LTE

Pelanggan Jakarta dan Bali Mulai Menikmati
JAKARTA – Telkomsel secara resmi telah meluncurkan layanan komersial mobile 4G LTE pertama di Indonesia, beberapa hari lalu. Hadirnya teknologi selular generasi keempat ini menempatkan Indonesia sejajar dengan negara-negara lainnya di dunia yang telah mengadopsi 4G dan sekaligus merupakan jawaban atas kebutuhan masyarakat Indonesia akan mobile broadband yang terus meningkat.
Direktur Utama Telkomsel, Alex J. Sinaga mengatakan, setelah sukses melakukan serangkaian uji coba 4G LTE sejak tahun 2010, termasuk yang terakhir dilakukan di Bali pada ajang KTT APEC 2013, kini Telkomsel menghadirkan layanan mobile 4G LTE pertama di Indonesia. “Secara komersial, yang benar-benar bisa dinikmati masyarakat. Layanan ini akan memberikan pengalaman digital lifestyle yang terbaik, dimana saat ini semakin banyak pelanggan yang mengakses rich content melalui smartphone-nya,” ungkapnya.
Alex menjelaskan bahwa hadirnya Telkomsel 4G LTE ditargetkan mampu mengakselerasi pertumbuhan Indonesia di berbagai bidang. Ketersediaan 4G LTE bagi Indonesia dapat membuka dan mempercepat akses terhadap lebih banyak lagi informasi, sehingga mampu meningkatkan produktivitas masyarakat dan membentuk gaya hidup digital di tanah air serta mendorong terciptanya masyarakat digital Indonesia.
Layanan 4G LTE dipercaya akan memberikan pelanggan kepuasan tersendiri di dalam menikmati berbagai aktivitas yang erat dengan digital lifestyle. Misalnya akses video streaming dan musik dengan kualitas yang lebih baik dan waktu tunggu yang lebih cepat, serta menikmati game online tanpa adanya delay dengan kualitas gambar HD (High Definition). Selain itu download atau upload file juga dapat dilakukan lebih cepat, melakukan video conference dengan kualitas koneksi dan gambar yang lebih jernih, dan mengakses data di cloud dengan lebih cepat.
Layanan Telkomsel 4G LTE berada di frekuensi 900MHz dengan lebar pita sebesar 5 MHz, yang memiliki kecepatan data access mencapai 36 Mbps. Frekuensi 900MHz memiliki daya pancar yang lebih besar, sehingga penetrasi sinyal Telkomsel 4G LTE akan dapat menjangkau sampai ke dalam gedung atau rumah untuk area perkotaan dan menjangkau area yang jauh untuk di luar perkotaan.
Sebagai tahap awal, dengan lebih dari 200 BTS 4G di Jakarta dan Bali, pelanggan bisa menikmati layanan Telkomsel 4G LTE di 200-an lokasi yang telah diidentifikasi sebagai lokasi high data traffic di Jakarta dan Bali. Di Jakarta, Telkomsel 4G LTE didukung oleh jaringan yang beroperasi secara outdoor yang meliputi beberapa area di Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Pusat dan Jakarta Timur. Antara lain Bandara Soekarno Hatta, Area Sudirman,  Semanggi,  SCBD, Tanah Abang,  Pondok Indah, Kebayoran Baru dan Blok M. Sedangkan untuk jaringan yang beroperasi secara indoor tersebar di 43 titik prominent high data traffic area seperti mal, perkantoran, gedung pemerintahan, daerah residensial, GraPARI Telkomsel, termasuk di dalamnya Gandaria City, Pacific Place, Senayan City, Plaza Indonesia, Kota Kasablanka dan lainnya.
Sedangkan di Bali, jaringan outdoor Telkomsel 4G LTE mencakup sekitar 90 persen wilayah kota Denpasar yaitu di kawasan Bisnis Teuku Umar, Imam Bonjol dan Sanur serta 80 persen wilayah Kabupaten Badung meliputi kawasan Kuta, Legian, Nusa Dua, Jimbaran, kawasan GWK hingga sebagian kawasan Uluwatu. Untuk jaringan indoor terdapat di kawasan bandara Ngurah Rai, Mal Bali Galeria, Discovery Mall, Beach Walk dan Mall Kutabex. Layanan Telkomsel 4G LTE juga dapat dinikmati di GraPARI Kutabex dan GraPARI Telkomsel di Jalan Diponegoro.
Sementara itu, untuk memberikan konsistensi pengalaman 4G LTE terbaik bagi pelanggan melalui seamless experience, Telkomsel bersinergi dengan Telkom menggelar WiFi dengan teknologi 802.11n (setara 4G) untuk melengkapi coverage Telkomsel 4G LTE, terutama yang berada di indoor. Telkomsel 4G LTE juga seamless dengan Telkomsel 3G sehingga apabila pelanggan keluar dari coverage 4G LTE, maka layanan tidak akan terputus dan secara otomatis akan dilayani dengan coverage Telkomsel 3G.  Adapun untuk memudahkan pelanggan dalam mendapatkan informasi mengenai lokasi-lokasi yang telah dilayani oleh jaringan 4G LTE.
“Ke depannya secara bertahap akan kami kembangkan ke berbagai lokasi khususnya di kota-kota besar lainnya. Hingga 2019 kami berencana meluaskan layanan 4G LTE hingga ke 22 propinsi di seluruh Indonesia sehingga lebih banyak lagi masyarakat yang dapat menikmati layanan ini”, ungkap Alex. (ley/feb)