Bermain Game Kelas Tinggi Berkat APU A10

MALANG - Pabrikan Asus, belum lama ini menghadirkan model notebook yang diperkuat chip AMD APU A10 pertama miliknya di Indonesia. Dengan nama Asus X550DP, pengguna dijamin memperoleh kepuasan bermain game dan menikmati pengalaman multimedia kelas atas dalam sebuah notebook berlayar lebar 16 inci.
Promotor Asus Branded Store Cyber Mall, Sheila Clive Dea menuturkan, notebook yang dijual dengan harga Rp 6 jutaan tersebut merupakan perangkat yang dikhususkan bagi penggemar game. "Tipe ini merupakan notebook gaming yang dibekali dengan APU yang memuat AMD Quad-Core A10-5750M," tuturnya.
Menurut dia, untuk menunjang hasrat gaming dengan tampilan yang berkualitas, Asus memberikan dual graphics AMD Radeon HD 8650G + AMD Radeon HD 8670 yang membuatnya tangguh dalam menjalankan aplikasi 3D. Beberapa aplikasi lainnya tak kalah mewah yang ditampilkan dalam layar besar berresolusi HD 1366 x 768 pixel.
Dia menjelaskan, AMD Quad-Core A10-5750M APU memiliki spesifikasi 4MB L2 cache, dengan kecepatan 2.50 GHz dan dapat dioptimalkan performanya hingga 3.50 GHz dengan teknologi AMD Turbo CORE technology.
"Selain itu, perangkat ini telah didukung AMD Radeon HD 8750M sehingga mampu menyajikan kekuatan komputasi grafis yang dibutuhkan untuk multimedia dan mainstream gaming," jelas dia kepada Malang Post.
Menurut dia, kartu grafis yang diusung Asus X550DP ini dibangun dengan arsitektur GCN (Graphics Core Next) serta mendukung DirectX 11.1.dengan 2GB DDR3 VRAM (1 GHz, 2.0 Gbps), 128-bit memory bandwidth, dan 384 Stream Core. Tak pelak, gambar yang dihasilkan pun berkualitas tinggi, dan perangkat mampu melahap aplikasi berukuran besar.
Clive menjelaskan, kartu grafis tadi juga dilengkapi AMD Enduro Technology yang berfungsi sebagai pengatur on dan off GPU secara otomatis sesuai penggunaan notebook. Fitur itu menjadikan penggunaan baterai yang lebih lama ketimbang yang lainnya.
Dia menambahkan, dalam perangkat yang hadir di semester kedua tahun ini tersebut, terdapat AMD Elite Experiences Software yang memanfaatkan kekuatan AMD Elite APU Platform  untuk mempercepat  penggunaan peranti lunaknya. APU Platform juga meningkatkan pengalaman penggunaan AMD Gesture Control, AMD Face Login, dan AMD Screen Mirror.
“ASUS X550DP merupakan notebook pertama dengan AMD APU A10. Kekuatan notebook ini terletak pada kemampuan prosesor AMD APU seri A10 dan performa kartu grafis berarsitektur GCN sehingga menghadirkan hasil grafis yang maksimal,” papar dia panjang lebar.(ley/fia)