Samsung Mulai Produksi Prosesor iPhone 7

Jakarta - Meski iPhone 6 dan 6 Plus belum lama dirilis, Apple kini dikabarkan sudah mulai menerima kiriman prosesor A9 dari Samsung. Prosesor tersebut kabarnya akan digunakan pada iPhone generasi selanjutnya, yang sangat mungkin disebut iPhone 7.

Seperti dilansir dari Pocket Lint, Minggu (14/12/2014), chip A9 tersebut kemungkinan akan dibuat menggunakan fabrikasi 14nm FinFET, dan dikirimkan dari pabrik Samsung yang terletak di Texas, Amerika Serikat. Ya, Apple tampaknya kembali mempercayakan pembuatan prosesor iPhone pada Samsung.

Seperti layaknya prosesor anyar lainnya, keunggulan A9 dibanding seri sebelumnya akan terletak pada konsumsi daya yang jauh lebih irit, namun mempunyai performa yang lebih kencang.
Konsumsi dayanya dikatakan akan lebih irit 35%, sementara kemampuan pemrosesan datanya meningkat sebesar 20%. Ukuran chipnya pun akan berkurang secara signifikan, yaitu sekitar 15% dibanding chip dengan fabrikasi 20nm.

Teknologi tersebut tentu ideal untuk vendor ponsel, karena dengan ukuran yang lebih kecil, mereka akan mempunyai ruang lebih besar untuk komponen lain, baterai misalnya.

Namun rumor lain menyatakan bahwa chip dengan fabrikasi 14nm ini juga akan dipesan oleh vendor selain Apple. Namun tak disebutkan secara jelas vendor apa yang akan memesan chip ini. (dtc/feb)