Prosesor Terbaru, Hemat Baterai

MALANG – Pabrikan Asus belum lama ini kembali menghadirkan jajaran laptop murah berukuran layar 14 inch dengan harga di bawah 4 juta. Satu seri dengan 4 varian warna Asus X453MA, yang terdiri dari empat seri yakni WX116B/ WX117B/ WX152B/ dan WX153B. Laptop murah ini sudah dibekali dengan OS Windows 8.1.
Promotor Asus Branded Store Cyber Mall, Sheila Clive Dea menuturkan, empat seri tersebut menjadi pilihan menarik bagi penggemar Asus. Pasalnya, harga yang murah tidak membuat teknologinya biasa saja. “Seri Asus X453MA ini terdiri dari empat seri, yang membedakan hanya warnanya saja. Sekalipun murah, prosesornya sudah terbaru,” tuturnya.
Menurut dia, Asus sudah memberikan prosesor dengan platform terbaru, yakni Intel Bay Trail. Prosesor yang digunakan pada Asus X453MA ini adalah Intel N2830 yang perupakan prosesor Dual-Core SoC (System on a Chip) dengan teknologi fabrikasi 22nm. Hasilnya, perangkat ini dipastikan lebih hemat penggunaan baterai ketimbang seri sebelumnya dan laptop akan hemat daya dengan TDP Max hanya 7.5Watt saja.
Dia menjelaskan, kecepatan prosesor ini mulai 2.16GHz dan akan naik hingga 2.41GHz pada kondisi full load. Kondisi full load merupakan kondisi aplikasi membutuhkan kinerja maksimal. Dan sebagai SoC, prosesor N2830 sudah menggunakan pengolah Grafis Intel HD Graphics 4000 terbaru dengan base clock 313MHz. “Base clocknya akan naik hingga 750MHz saat membutuhkan kinerja grafis maksimal seperti pada saat main game atau menonton film Full-HD,” beber dia kepada Malang Post.
Dia menuturkan, di kelas perangkat yang memiliki bandrol Rp 4 jutaan, teknologi Full HD yang diusung akan memanjakan pengguna. Selain itu, begitu mengoperasikan aplikasi yang membutuhkan kinerja grafis yang maksimal, maka grafis Intel HD yang akan menyempurnakannya.
Clive menambahkan, spesifikasi lainnya layaknya kebanyakan laptop Asus. Misalnya Harddisk dengan kapasitas 500GB, Memory DDR3 2GB, Layar 14 inci dan beresolusi 1366×768 pixel. “Harddisk sudah menunjang penyimpanan aplikasi dengan dibalut memory yang lega sehingga meminimalisir laptop dari keadaan lemot,” imbuhnya.
Menurutnya, kelebihan lain dari laptop Asus X453MA Series ini seperti include Windows 8.1 sebesar 64Bit. Selain itu,  Shared Memory up-to 729MB akan cukup untuk beberapa game 3D kasual seperti PES, FIFA dan yang setara.
Sementara itu, untuk konektivitasnya, perangkat disertai dengan USB 3.0 yang akan membuat transfer data ke harddisk external dan flashdisk lebih cepat. ”Satu-satunya kekurangan hanya tidak adanya DVDRW. Selebihnya laptop ini sangat layak untuk dimiliki,” pungkas dia.(ley/ary)