Bangun 200 BTS untuk Layanan 4G LTE

Pekan lalu, Telkomsel meluncurkan secara resmi layanan komersial mobile 4G LTE pertama di Indonesia. Teknologi seluler generasi ke empat tersebut diawali di Jakarta dan Bali, serta segera berlanjut ke kota lain
”Untuk tahap awal, ada 200 BTS 4G di Jakarta dan Bali, pelanggan akan dapat menikmati layanan Telkomsel 4G LTE,” ujar Direktur Utama Telkomsel, Alex J. Sinaga.
Menurutnya, pasca layanan resmi berlaku di Jakarta dan Bali, secara bertahap Telkomsel akan mengembangkan ke kota besar lainnya. Targetnya, pada 2019 mendatang layanan 4G LTE ini akan mencapai 22 propinsi.
Untuk memastikan ketersediaan ponsel 4G LTE, Telkomsel menggandeng vendor ponsel Samsung sebagai mitra strategis 4G LTE, juga LG Mobile, Microsoft dan HTC serta berbagai vendor lokal lainnya. Telkomsel juga akan menghadirkan serangkaian program promo untuk pelanggan.
"Telkomsel bersama-sama dengan semua anak usaha dalam naungan Telkom Group, akan terus berinovasi dalam layanan dan teknologi untuk membangun dan memperkaya ekosistem digital Indonesia demi mengakselerasi terciptanya masyarakat digital Indonesia,” bebernya.
Dia menjelaskan, agar dapat segera menikmati layanan Telkomsel 4G LTE, pelanggan harus menggunakan ponsel yang sudah mendukung layanan 4G dengan memakai simcard 4G LTE yang disebut USIM.USIM merupakan simcard khusus dengan teknologi terkini untuk mendukung pengalaman akses berkecepatan tinggi.
Pelanggan Telkomsel yang ponselnya sudah mendukung layanan 4G, baik pascabayar (kartuHalo) maupun prbayar (simPARI, KartuAs, dan LOOP), cukup menukarkan simcard mereka dengan USIM secara gratis tanpa harus mengubah nomor yang mereka miliki saat ini. Dengan pilihan datang ke GraPARI atau meminta untuk dikirim ke rumah. Pelanggan yang saat ini ponselnya sudah mendukung layanan 4G LTE akan mendapatkan SMS untuk menentukan pilihan tersebut.
“Sedangkan bagi pelanggan baru yang telah memiliki ponsel 4G LTE bisa mendapatkan USIM di seluruh GraPARI Telkomsel di Jakarta & Bali,” terang Alex.
Dia menjelaskan, Telkomsel juga menjalin kerjasama bilateral untuk 4G LTE roaming
dengan Bridge Alliance partners, yaitu SingTel (Singapura), Optus (Australia) dan Maxis (Malaysia). Dengan kerjasama ini, para pelanggan Telkomsel yang bepergian ke tiga negara tersebut,  akan dapat menikmati seamless 4G LTE data roaming. Demikian juga sebaliknya.  Ke depannya Telkomsel  bersama Telkom Group akan memperluas layanan
roaming  internasional ini baik untuk  berbagai jenis layanan maupun cakupan mitra operator di negara lainnya.
"Pelanggan kami banyak yang melakukan perjalanan ke Singapura, Malaysia dan Australia baik untuk bisnis maupun liburan, khususnya disaat akhir tahun. Demikian juga sebaliknya.  Kami ingin memastikan para pelanggan untuk mendapatkan pengalamanan mobile internet terbaik dengan akses tercepat ketika berada di luar negeri,” tegas dia.(ley/ary)