Konsisten di Jalur Smartphone Murah

MALANG - Beberapa waktu yang lalu, vendor smartphone Huawei telah meluncurkan berbagai pilihan produk ke pasar Indonesia. Salah satunya, smartphone tersebut bernama Huawei Ascend Y520 yang menyasar kalangan entry level, dengan bandrol sebesar Rp 1,199 juta.
Sales Counter Tiga Putra Celluler, Dwi Astuti menuturkan, Huawei Ascend Y520 hadir di pasar gadget Indonesia medio November lalu. “Bersama dengan seri lain, perangkat ini merupakan salah satu seri terbaru dengan bandrol paling murah,” tuturnya.
Menurut dia, dengan harga tersebut, desain perangkat tidak terlalu mengalami perubahan ketimbang seri terdahulu. Smartphone ini mengusung desain chasing berbahan plastik dengan warna hitam yang dilengkapi dengan tiga tombol kapasitif yang terletak di bagian bawah layar. Terdiri dari back, home, dan recent apps.
Dia menjelaskan, spesifikasi dari Huawei Ascend Y520 mengusung fitur layar sentuh seluas 4.5 inci yang memiliki resolusi FWVGA sebesar 854 x 480 piksel dengan tingkat kerapatan layar mencapai 218 ppi (pixel per inch). “Layarnya menjadi salah satu favorit pengguna gadget, karena nyaman ketika dalam genggaman tangan,” beber dia kepada Malang Post.
Dwi menyampaikan, perangkat ditenagai prosesor dual core ARM Cortex A-7 yang memiliki kecepatan mencapai 1,3 GHz. Kecepatan tersebut dihasilkan berkat gandengan chipset MediaTek MT6572. Hanya saja, perangkat ini tergolong lemah karena baru mengusung RAM yang terhitung kecil, 512 MB saja. “Dari semua spesifikasi yang diusung, RAM yang terhitung kurang memadai. Bila dilihat dari segi harganya ya,” imbuh dia.
Seri ini mengombinasikan pengolah grafis dari Mali-400 untuk menunjang penampilan gambar. Sedangkan untuk sistem operasi yang digunakannya adalah OS Android v4.4 KitKat dengan balutan antarmuka Simple Android UI.
Huawei Ascend Y520 ini dibekali dengan fitur dual kamera. Kamera utama beresolusi 5 MP yang dilengkapi dengan fitur fixed focus tanpa didukung oleh fitur LED flash ini terhitung memadai untuk memenuhi hasrat berfoto. Sedangkan untuk kamera depannya, smartphone ini hanya dibekali dengan jenis kamera VGA yang dapat digunakan untuk keperluan video call dan juga foto selfie.
Untuk menyimpan berbagai macam data file anda termasuk hasil jepretan kamera smartphone ini, Ascend Y520 juga dibekali dengan memori internal berkapasitas 4GB yang dapat diperluas hingga 32GB menggunakan memori eksternal berjenis microSD. Sedangkan untuk mendukung performanya terdapat sebuah baterai berdaya 1730mAh yang telah terbenam di smartphone ini.
“Sektor konektivitas Ascend Y520 ini cukup lengkap, karena smartphone ini telah mendukung akses data di jaringan 3G HSDPA, fitur WiFi yang dapat digunakan untuk menjelajahi dunia internet, perangkat Bluetooth v4.0 untuk mentransfer data-data file yang ada, serta terdapat juga fitur petunjuk jalan atau GPS,” pungkas dia.(ley/ary)