Kantongi ULO, Layanan 4G Indosat Segera Meluncur

Provider Indosat akan segera menyusul Telkomsel yang beberapa waktu lalu telah meluncurkan layanan komersial 4G LTE (Long Term Evolution). Acara peluncuran layanan Indosat segera digelar pasca Indosat mengantongi sertifikat Uji Laik Operasi (ULO) di minggu kedua Desember ini.
Presiden Direktur dan Chief Executive Officer (CEO) Indosat, Alexander Rusli mengatakan,  perusahaan telah mengantongi Uji Laik Operasi (ULO) untuk menggelar 4G LTE. Namun Alex enggan merinci waktu pasti peluncuran layanan tersebut.
"Indosat sudah dapat ULO pada Kamis (11/12) pekan lalu, dan akan segera diluncurkan secara komersial. Kemungkinan meluncurnya pekan ini atau pekan depan, jadi kita tinggal menentukan hari saja," tutur Alex di XXI Club Djakarta Theater, Senin (15/12/2014).
Sama seperti Telkomsel, Indosat baru mengantongin izin komersial 4G LTE di frekuensi 900 MHz. Sementara itu,  Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, beberapa waktu lalu mengatakan bila layanan 4G LTE akan diluncurkan secara bertahap mulai dari 900 MHz, 1.800 MHz, dan 2,1 GHz. Untuk 1.800 MHz dijadwalkan akan rilis pada kuartal pertama tahun depan.
Alex menambahkan, sebenarnya Indosat ingin menggelar 4G LTE secara langsung di 900 MHz dan 1.800 MHz. "Kami harapannya di 1.800 MHz, dan dikombinasikan dengan 900 MHz karena handset-nya lebih banyak di 1.800 MHz," tambah Alex.
Sesuai dengan penuturannya, Indosat akan tetap mengikuti aturan dari pemerintah untuk menggelar teknologi generasi keempat tersebut. Untuk selanjutnya, Alex mengatakan bahwa Indosat juga akan bekerjasama dengan vendor smartphone untuk memperkuat ekosistem layanan 4G LTE miliknya.
"Kami juga berencana bundling smartphone. Informasi lengkapnya nanti akan kita umumkan segera," tandas Alex. (ley/fia)