Android One Mulai Jajah Asia

Setelah pertama kali menjejakkan tapaknya di India, kini Android One mulai keluar dari Negeri Bollywood dan mulai mengincar negara-negara Asia lainnya, terutama yang ada di Asia Tenggara. Indonesia kah?
Adapun ponsel-ponsel Android One yang akan dipasarkan di luar India tetap merupakan bikinan Micromax, Karbonn, dan Spice yang merupakan produsen ponsel India. Seperti di pasar India, tipe yang dijual ketiga produsen itu adalah Micromax Canvas A1, Karbonn Sparkle V, dan Spice Dream UNO.
Namun seperti dari GSM Arena, Senin (22/12/2014), Indonesia ternyata belum termasuk dalam daftar kloter pertama yang disambangi ponsel Android One di luar India. Negara-negara yang dimaksud adalah Sri Lanka, Bangladesh, dan Nepal.
Tapi khusus Bangladesh, selain ketiga ponsel besutan produsen India rekanan Google, juga akan ada produsen lokal yang bakal menjual ponsel berbasis Android One yakni Symphony. Produsen ponsel Bangladesh tersebut akan menjual ponsel Android One dengan tipe Symphony Roar A50.
Indonesia memang belum kebagian masuk di kloter pertama pemasaran ponsel Android One, namun penjualan ponsel Android One oleh produsen lokal seperti di Bangladesh sepertinya juga akan dilakukan di Indonesia.
Hal tersebut dibeberkan sendiri oleh salah satu petinggi produsen ponsel lokal. Saat itu Ia mengatakan bahwa perusahaan yang dipimpinnya telah dipercaya Google untuk memproduksi ponsel Android One untuk pasar Indonesia. Bahkan juga sempat disebutkan waktu rilisnya yang dibilang sekitar akhir bulan Januari 2015 nanti.
Google sendiri memang berencana makin memperluas pemasaran ponsel Android One pada tahun 2015 mendatang.
Dan sangat mungkin Indonesia adalah pasar selanjutnya yang diincar. Tapi sepertinya memang bukan lewat ponsel India, melainkan sangat mungkin justru menggandeng produsen lokal yang ada di Indonesia. (dtc/feb)