Jaringan XL Siap Layani Liburan Natal dan Tahun Baru

SURABAYA - PT XL Axiata Tbk (XL) operator terbesar kedua di Indonesia telah menyiapkan jaringan guna mengantisipasi kemungkinan peningkatan trafik semua layanan menyambut libur panjang Natal dan Tahun Baru. Diprediksi, kenaikan trafik akan terjadi terutama di kota-kota besar serta daerah tujuan wisata. Seperti tahun-tahun sebelumnya, kenaikan trafik yang terjadi tidak akan besar. Meski begitu XL tetap menyiagakan jaringannya secara maksimal.
Deputy Chief Commerse Officer XL East & North – Kencono Wibowo mengatakan,“Untuk memastikan kenyamanan pelanggan selama masa liburan Natal dan Tahun Baru, XL sudah mempersiapkan jaringan dengan antara lain menaikkan kapasitas jaringan hingga dua kali lipat. Kami memperkirakan sepanjang liburan panjang ini nanti akan terjadi kenaikan trafik layanan pada voice  sebesar 5%, SMS 10%, dan Data sekitar 15-20% dari trafik normal sehari-hari. Tentu kami akan terus memantaunya dan memastikan semua berjalan semaksimal mungkin.”
Trafik east region saat ini adalah, voice 60.034.535 menit/hari, sms 148.110.953 sms/hari dan trafik data lebih dari 68 GB/hari. Sedangkan penambahan BTS di 2014 lebih dari 1500 site.
Kencono menambahkan, berbeda dengan Ramadhan dan Lebaran, peningkatan trafik di Natal dan Tahun Baru cenderung terjadi di area tertentu, seperti pusat perbelanjaan, lokasi rekreasi dan hiburan, pelabuhan, dan bandara. Jaringan XL juga didukung oleh teknologi yang canggih yang antara lain adalah MSC pool dan SGSN in pool untuk 3G secara nasional. Dengan menerapkan sistem pool ini, jaringan XL Axiata akan terlindung dari lonjakan trafik  pada  satu  lokasi tertentu  karena kapasitas jaringan tersebar di beberapa titik.
Peningkatan kapasitas jaringan yang dilakukan oleh XL antara lain di beberapa titik lokasi antara lain Night Market Suroboyo Carnival, Kota Batu, Malang, Pantai Kuta dan Bandara Ngurah Rai di Bali. Hal yang sama juga dilakukan di NTB yaitu di kota Mataram, Senggigi, Wisata Gili dan Bandara Praya di Lombok.
Hingga saat ini, XL East Region melayani lebih dari 13,26 juta pelanggan, yang diperkuat dengan lebih dari 7000 BTS (BTS 2G dan 3G). Selain itu, XL juga memiliki jaringan infrastruktur fiber optik sepanjang lebih dari 30 ribu km yang menghubungkan hampir semua pulau-pulau utama di Indonesia.(*/ary)