Semua Televisi Pintar Samsung akan Pakai Tizen

Samsung mengumumkan bahwa semua model baru televisi pintar atau Smart TV yang mereka luncurkan di tahun 2015 ini akan memakai sistem operasi Tizen. Tizen adalah sistem operasi yang dikembangkan sendiri oleh produsen asal Korea Selatan ini.

Dikutip dari Reuters, Kamis (1/1/2015), dijadikannya Tizen sebagai OS Smart TV dinilai sebagai upaya agar platform itu makin populer. Smart TV sendiri adalah televisi yang tak hanya sekadar untuk nonton, tapi juga punya kapabilitas akses website sampai video streaming.

"Kami fokuskan usaha kami di Tizen saat ini. Kami harap produsen televisi yang lain juga akan memakainya dan membantu membangun ekosistem untuk menumbuhkan platform ini," ucap Kim Hyun suk, President Visual Display Business Samsung.

Dipakainya Tizen sebagai sistem operasi Smart TV Samsung dianggap langkah cukup tepat mengingat Samsung juga produsen televisi ternama. Bukan tidak mungkin ke depannya, Tizen juga digunakan di produk kulkas atau mesin cuci Samsung.

Tizen memang dibuat Samsung untuk mengurangi ketergantungannya pada OS Android dan sempat dinilai punya potensi besar. Tapi perkembangannya terhambat karena sampai sekarang, baru ada segelintir produk Samsung yang memakai Tizen.

Bahkan belum ada ponsel Tizen Samsung yang telah dipasarkan secara luas sampai saat ini karena beberapa kali mengalami penundaan. Tapi kabarnya, smartphone Tizen harga murah akan segera dirilis Samsung di India.

Masalah muncul terkait ekosistem aplikasi Tizen yang dikabarkan belum memadai. Meskipun Samsung berstatus produsen ponsel terbesar di dunia, para developer tampaknya masih menunggu bagaimana perkembangan user Tizen. (dtc/feb)