Tahun Baru, Trafik Data Indosat Meningkat 33,72 Persen

JAKARTA - Trafik telekomunikasi ketika malam pergantian tahun baru 2015 meningkat, baik trafik suara, sms, maupun data mengalami lonjakan. Operator telekomunikasi Indosat mengklaim berhasil mengatasinya karena telah meningkatkan kapasitas jaringan untuk menghadapinya padatnya trafik yang digunakan untuk berkirim pesan para pelanggan Indosat.
“Kami telah mempersiapkan kenaikan trafik ini dengan meningkatkan kapasitas jaringan dan juga optimalisasi jaringan di wilayah-wilayah untuk menghadapi trafik padat saat tahun baru,” ujar Division Head Public Relations Adrian Prasanto.
Menurutnya, persiapan yang telah dilakukan Indosat itu dilakukan untuk mengantisipasi kenaikan trafik sejak menjelang Natal 2014, Tahun Baru 2015 dan libur akhir tahun ini. Indosat meningkatkan kapasitas seluruh layanan telekomunikasinya baik suara, sms, maupun data.
Untuk kapasitas trafik suara ditingkatkan menjadi 2.340 juta menit per hari. Untuk SMS kapasitas ditingkatkan menjadi 1,285 miliar SMS per hari. Sementara untuk data, Indosat meningkatkan kapasitas menjadi 1075 terabyte per hari. Secara nasional, hingga triwulan ketiga 2014, Indosat melayani 54,2 juta pelanggan, dengan didukung total 37.382 BTS.
“Menjelang pergantian tahun 2015, 31 Desember 2014 kemarin, trafik suara nasional mengalami peningkatan sebesar 9,3 persen, trafik data naik 33,72 persen, dan trafik SMS naik 8,25 persen dibanding hari biasanya,” tambah Adrian.
Selain itu, Indosat juga melakukan pantauan performasi jaringan selama masa kenaikan trafik tersebut melalui pengoperasian Command Center. Pusat pantauan ini beroperasi selama 24 jam penuh dengan kemampuan mendeteksi dan menangani gangguan jaringan dengan cepat dan terintegrasi secara nasional, dengan pusat kendali di Jakarta. Command Center beroperasi pada 31 Desember 2014-1 Januari 2015. (ley/aim)