Fitur Terbaru Twitter Merangkum Tweet Menarik

JAKARTA - Pengguna Twitter kini tak perlu menjelajahi sepanjang web untuk melihat tweet menarik yang mungkin terlewat ketika ditinggalkan. Agar user atau pengguna selalu update, Twitter punya fitur ini.
'While You Were Away', demikian Twitter menamakan fiturnya, merangkumkan tweet menarik atau sesuai dengan minat si pengguna yang mungkin terlewat ketika si pengguna pergi sejenak.
Fitur ini sebenarnya sudah diperkenalkan pertama kali pada November silam. While You Were Away ditawarkan kepada sejumlah pengguna secara terbatas, kebanyakan untuk akun Twitter media yang perlu memantau tweet isu terkini secara intensif.
Vice President Product Twitter Kevin Weil dalam blog resmi Twitter November silam menyebutkan, fitur ini memang rencananya akan dirilis untuk semua pengguna dalam beberapa bulan ke depan.
"Kami mencoba cara lebih baik untuk memberikan apa yang dibutuhkan pengguna Twitter seperti ringkasan apa yang sedang terjadi," tulis Weill seperti dikutip dari blog Twitter, Jumat (2/1/2015).
"Kami bisa memanfaatkan informasi seperti, siapa saja yang Anda follow dan informasi apa yang sering Anda cari untuk merangkumkan berita terbaru yang terlewat dan langsung memperlihatkannya segera ketika Anda kembali log in atau mengakses aplikasi Twitter lagi," sebut Weill.
Fitur ini mirip dengan Timeline milik Facebook. Dan ini menjadi pertama kalinya bagi Twitter melanggar 'tradisi' sendiri dengan menawarkan apapun yang bersifat non kronologis.
Ini juga menjadi bagian dari upaya Twitter memperkecil jarak dengan Facebook dalam urusan jumlah pengguna dan waktu yang dihabiskan mengakses layanan. Facebook saat ini punya 1,35 miliar pengguna setiap bulannya. Dibandingkan Twitter, situs mikroblogging ini setiap bulannya punya 284 juta pengguna. (dtc/aim)