Seagate Rilis Hard Disk Tertipis di Dunia

Seagate meluncurkan piranti penyimpanan data terbaru yang diklaim paling tipis di dunia. Piranti hard disk yang memilik ketebalan 7 milimeter itu diberi nama Seagate Seven.

Seagate Seven ini tampil kokoh dengan casing yang seluruhnya terbuat dari logam. Selain tipis, bobotnya sendiri sangat ringan, sekitar 90 gram.

Untuk aktivitas pemindahan data, piranti keras ini juga dibekali port USB 3.0 yang menjamin kecepatan transfer yang tinggi. Sayangnya, Seagate Seven hanya tersedia satu model dengan kapasitas yang tidak terlalu besar, 500 GB.

Hard disk itu rencananya akan meluncur pada akhir Januari 2015 dengan banderol harga 100 dollar AS atau sekitar Rp 1,2 juta.

Seagate melengkapi paket penjualannya dengan kabel USB serta piranti lunak Seagate Dashboard yang tersimpan di dalam hard disk.
Selain hard disk tipis tersebut, Seagate juga meluncurkan sebuah piranti penyimpanan nirkabel dengan harga terjangkau.
Bila memindahkan data menggunakan kabel terasa merepotkan, ada juga opsi pemindahan data secara nirkabel. Inilah tujuan Seagate merilis Seagate Wirelees yang juga dirancang sebagai pelengkap perangkat genggam.
Seagate Wireless memiliki kapasitas 500 GB yang dapat diakses melalui jaringan nirkabel. Sebagai piranti penyimpanan portabel, hard disk ini juga dibekali baterai yang dapat bertahan selama 9 jam.

Selain nirkabel, data dalam Seagate Wireless dapat ditransfer melalui kabel data. Sayangnya, piranti penyimpanan ini masih menggunakan USB 2.0 sebagai port pemindahan data. Artinya proses pemindahan data akan lebih lambat ketimbang Seagate Seven yang sudah menggunakan USB 3.0. Anda harus cukup sabar jika berniat menggunakannya penyimpanan film berformat High Definition (HD).
Walaupun lemah dalam hal tersebut, Seagate Wireless telah mendukung Airplay, Roku serta Chromecast sehingga Anda bisa melakukan streaming langsung ke TV.
Seagate Wireless akan meluncur pada Februari mendatang dengan banderol harga 130 dollar AS atau sekitar Rp 1,6 juta. (kps/feb)