Lenovo Pimpin Pasar PC di Indonesia

MALANG POST - Belakangan, Lenovo terlihat lebih agresif di pasar ponsel. Namun kekuasaan vendor asal China itu ternyata masih dijaga di jagat PC dunia.
Berdasarkan data IDC, Lenovo tercatat merebut posisi teratas pasar PC global pada Q1 FY13 (April-Juni) dengan pangsa pasar 16,7 persen. Nah, pada Q2 FY14 (Juli – September), Lenovo sukses mengatrol pangsa pasarnya menjadi 20 persen.
Pada kuartal yang sama, Lenovo Indonesia untuk pertama kalinya juga sukses mengungguli pesaing menjadi vendor PC nomor satu di Indonesia dengan market share 20,1 persen.
Rajesh Thadani, Country General Manager Lenovo Indonesia mengatakan, ketika pasar PC Indonesia secara keseluruhan terus menunjukkan tren penurunan, pangsa pasar Lenovo justru tumbuh sebesar 4,5 poin dari kuartal sebelumnya dan 6.6 poin dari tahun ke tahun.
"Hal ini mengindikasikan bahwa strategi model bisnis 'protect & attack' serta investasi kami dalam produk dan pemasaran telah terbukti merupakan formulasi kemenangan dan akan terus menjadi strategi kami untuk memimpin pasar PC Plus dan bisnis server di Indonesia dan secara global," jelasnya.
Lenovo berdiri sejak tahun 1984 sebagai perusahaan dengan nama Legend, yang didirikan di Beijing oleh Liu Chuanzi dengan 10 orang insinyur dan modal 200.000 yuan. Kata Lenovo sendiri berasal dari kata 'Le' yang diambil dari kata Legend, dan 'novo' yang berarti 'baru' dalam bahasa latin dan bahasa China berarti 'kreativitas'.
Divisi PC berdiri pada tahun 1994. Pada tahun yang sama terdaftar di bursa saham di Hong Kong untuk pertama kalinya dengan nama Legend Hong Kong dan mulai membangun jaringan distribusi dan retailnya.
Pada tahun 2004 nama perusahaan secara resmi berubah dari 'Legend Group Limited' menjadi 'Lenovo Group Limited' dan pada tahun 2005 Lenovo memperkuat lini PC-nya dengan membeli divisi PC IBM. (dtc/fia)