Trafik Telkomsel Melonjak Saat Puncak Naru

MALANG – Telkomsel berhasil mencapai target dan mencatat kinerja yang bagus jelang pergantian tahun dari 2014 ke 2015 pekan lalu. Hal ini terbukti, ketika puncak Natal dan malam tahun baru, lonjakan trafik bisa dilalui tanpa adanya hambatan atau keluhan akan padatnya trafik, baik suara, SMS maupun data.
Telkomsel mencatat trafik voice atau suara mulai dari malam Natal 2014 hingga 31 Desember 2014 sebesar 290,44 juta menit. Trafik itu naik 8,94 persen ketimbang peak Natal dan Tahun Baru (Naru) tahun lalu.
“Untuk trafik tahun baru, dari kapasitas trafik 530,53 juta menit per hari, terisi sekitar 54,75 persen,” ujar Executive President Area Jawa Bali, Yetty Kusumawati.
Sementara itu, untuk trafik SMS mencapai 200,32 juta SMS. Angka tersebut berarti naik 11,08 persen ketimbang peak Naru tahun lalu. Sedangkan untuk trafik data, Telkomsel mencatat kenaikan 144,11 persen ketimbang periode yang sama tahun lalu. “Tercatat, trafik data mencapai 261,37 Terabyte per hari, dari kapasitas sebesar 339,25 Terabyte per hari,” beber dia.
Yetty menuturkan, demi memastikan kelancaran arus komunikasi baik voice maupun data, Telkomsel menyiagakan tim secara penuh di Natal dan saat tahun baru dimana saat itu biasanya terjadi lonjakan trafik karena banyak orang saling berkirim selamat, update status lebih intensif dan komunikasi lebih sering ketika sedang liburan.
“Tim disiagakan penuh demi mengawasi lonjakan trafik dan memastikan tidak ada loss contacy saat berkomunikasi,” kata dia.(ley/fia)