4G untuk Pasar Middle Low

MALANG – Perkembangan jaringan telekomunikasi terbaru yang sudah mulai beralih ke konektivitas jaringan 4G Long Term Evolution (LTE) beberapa bulan terakhir, diikuti oleh pabrikan gadget yang mulai mengusung perangkat berteknologi 4G. Tak terkecuali Sony, yang memiliki satu seri menengah dengan nama Sony Xperia E3, perangkat dengan layar ramah di genggaman, berukuran 4,5 inci.
Owner Loechya Cell, Siska Lusia menuturkan, bila Sony Xperia E3 mengandalkan konektivitas jaringan. Sebab, dengan perkembangan operator terkini dan permintaan pengguna gadget akan koneksi yang cepat, maka perangkat pun harus menyesuaikan dengan mengusung konektivitas 4G.
“Saat ini, operator sudah berlomba mengenalkan teknologi 4G. Di beberapa kota di Indonesia sudah menyediakan koneksi tersebut, sehingga smartphone terbaru rata-rata sudah berbalut konektivitas 4G,” tuturnya.
Perempuan yang akrab disapa Lusi ini menuturkan, seri Xperia E3 ini termasuk perangkat baru dari Sony. Menurutnya, kehadirannya di pasar gadget masih sekitar tiga bulan terakhir. Di Malang Raya, juga baru muncul di pertengahan Desember lalu. “Jika ingin perangkat 4G dengan harga yang ramah di kantong, Xperia E3 ini bisa menjadi solusi. Nanti ketika jaringan 4G sudah resmi di Malang, tidak perlu repot lagi membeli perangkat baru,” beber dia kepada Malang Post
Smartphone Sony Xperia E3 menggunakan layar sedang berukuran 4.5 inci. Layarnya tidak terlalu lebar dan terlihat simpel ketika pengguna mengoperasikannya. Pengguna juga masih cukup nyaman mengoperasikan aplikasi dengan satu tangan.
Sementara itu,  untuk resolusi layar memang hanya 480 x 854 pixels dengan kerapatan mencapai 218 ppi pixels density. “Sesuai dengan harganya, resolusinya memang belum terlalu tinggi. Apalagi bila dibandingkan dengan seri Z atau T yang harganya dua kali lipat,” papar dia panjang lebar.
Siska menyebutkan, layar yang digunakan masih berkualitas TFT capacitive touchscreen hingga 16 juta warna.  Dari segi kemampuan, perangkat ini menggunakan CPU dengan Chipset Qualcomm Snapdragon 400 MSM8226. Chipset ini dikenal tangguh ketimbang yang lainnya.
Sementara itu, kecepatan prosessor Quad-core 1.2 GHz cukup ampuh dalam mengoperasikan sebuah aplikasi android paling laris saat ini, Android 4.4 KitKat. “Apalagi Kapasitas RAM sebesar 1 GB sudah mampu menopang kinerja prosessor tadi,” tegasnya.
Dia menambahkan, kualitas Grafik cukup lumayan, berkat sematan GPU Adreno 305. Hasilnya, cukup bagus dan pengguna sudah bisa menyaksikan video dengan kualitas hingga game 3 dimensi.
Sony menyematkan kamera yang sebesar 5 MP untuk kamera utama (belakang) dengan resolusi maksimal hingga 2592 x 1944 pixels. Meskipun terhitung kecil, kamera telah dilengkapi fitur HDR dan panorama, yang membuat pengguna bisa mengreasikan hasil jepretan.
“Sony terkenal dengan kualitas kameranya karena memadukan sensor gambar Exmor dan pengolah citra bioz sehingga walaupun resolusi rendah, tapi hasil jepretan pasti maksimal dan bagus,” imbuhnya.
Sementara untuk menyimpan semua file baik gambar, video, musik dan lainnya, Sony menyediakan memori internal 4 GB. Pengguna bisa menambahkan kapasitas memory eksternal hingga 32 GB untuk menunjang kebutuhan menyimpan file, baik musik, foto hingga video. (ley/fia)