Prosesor Gahar Manjakan Pengguna

MALANG – Vendor Xiaomi terus menancapkan pesonanya kepada penggemar gadget. Salah satunya dalam seri Xiaomi MI3 yang memiliki spesifikasi mumpuni dengan prosesor quad core dan kamera depan memiliki resolusi 13 MP.
Owner Karna Jaya Cell, Badri menuturkan, seri Xiaomi MI3 itu merupakan salah satu seri terbaru dari vendor asal Tiongkok tersebut yang beredar di Malang. ”Seri ini  tergolong pendatang baru yang dijual secara offline. Sebelumnya sudah ada Redmi 1S dan Redmi Note,” tuturnya.
Menurut dia, Xiaomi MI3 layaknya dua seri sebelumnya, yang menawarkan spesifikasi tinggi, namun tetap dengan harga yang tidak terlalu mahal. Pasalnya, pabrikan asal Tiongkok itu sangat memperhatikan pasar menengah ke bawah yang sangat besar.
”Pemburu ponsel murah pasti berburu Xiaomi. Untuk seri MI3 ini, memiliki daya tarik pada sisi ukuran 5 inci yang paling mendominasi di pasaran,” beber dia kepada Malang Post.
Xiaomi MI3 memiliki dapur pacu gahar yang di atas rata-rata. Processor Quad Core 2.3 GHz Krait 400 memiliki kecepatan yang tinggi dalam bermain HD Gaming dan menjalankan berbagai aplikasi. Processor 4 inti ini mampu untuk menghandle sistem operasi Android Jelly Bean v4.3 yang bisa diupgrade menuju versi terbaru yaitu Android KitKat 4.4.
Tak pelak, pengguna dengan mudah bisa memasang aplikasi yang berat seperti HD Gaming. Otak pada smartphone ini adalah Qualcomm MSM8274AB Snapdragon 800 dan Graphic Processing Unit Adreno 330 yang dapat menghasilkan tampilan yang mantap. Selain itu spesifikasi Xiaomi MI3 juga dilengkapi 2 GB RAM untuk menghandle proses multitasking. ”Dapur pacu, RAM dan grafisnya sangat unggul untuk memanjakan pengguna,” goda dia.
Pada sisi fitur kamera, pada kamera utama beresolusi 13 MP untuk melengkapi kebutuhan fotografi. Foto yang dihasilkan oleh ponsel dapat mencapai resolusi 4128 x 3096 pixels sehingga kualitasnya tajam serta dapat menghasilkan kualitas yang jernih dan detail gambar yang tajam. Selain itu terdapat fitur autofocus, dual-LED Flash, geo-tagging, touch focus, face and smile detection dan HDR. Pada sektor kamera depannya sendiri spesifikasi Xiaomi MI3 disematkan kamera dengan  resolusi 2 MP yang cukup baik untuk fitur video call dan melakukan selfie.
Dia menyebutkan, bentuk dari seri ini memiliki ukuran dimensi 144 x 73.6 x 8.1 mm dengan berat 145 gram. Material desainnya dari bahan pilkarbonat dengan finishing dove yang membuat smartphone ini semakin nyaman ketika dalam genggaman. ”Teksturnya yang kasar membuat perangkat tetap lekat dalam genggaman sekalipun tangan dalam keadaan berkeringat,” imbuh dia.
Perangkat ini memiliki tipe layar in plane switching (IPS) capacitive touchscreen dengan jenis layar full high display (HD). Tak pelak, variasi kedalaman mencapai 16 juta warna dan membuat tampilan gambar semakin menggoda mata dengan resolusi layar 1080 x 1920 pixels dalam bentang layar diagonal. Sementara, kualitas display layar sangat baik dengan tingkat kedalaman sebesar 441 pixel per inch (ppi) pixel density.
Smartphone yang dikenalkan di semester 2 ini menggunakan layar corning gorilla glass 3 dengan tambahan fitur multitouch. Kemampuan fitur layar itu mampu mendeteksi lebih dari satu jari yang membuat nyaman pengguna ketika mengoperasikannya.
Sektor memorinya spesifikasi Xiaomi MI3 ini memiliki memori internal yang dapat dipilih yaitu 16 GB dan 64 GB. Kapasitas memori yang sangat besar untuk smartphone. Pengguna dapat menyimpan berbagai file aplikasi atau multimedia seperti album lagu atau aplikasi-aplikasi yang berat pada Xiaomi MI3 ini karena kapasitasnya yang begitu besar.
”HD Gaming berukuran 1 GB atau lebih pun dapat disimpan di Xiomi MI3 ini untuk mengisi waktu anda dengan bermain game yang kualitasnya HD sungguh sangat menyenangkan. Minusnya adalah tidak terdapat kartu slot pada spesifikasi Xiaomi MI3 ini,” papar dia panjang lebar. (ley/feb)