Momen Tahun Baru, XL Tak Pernah Ngadat

MALANG - Operator seluler PT XL Axiata Tbk (XL) East Region yang membawahi Jatim, Bali dan Nusa Tenggara mencatat selama masa libur Natal 2014 dan Tahun Baru 2015, terjadi peningkatan traffic. Peningkatan terjadi terutama untuk layanan SMS dan data.
Vice President XL East Region, Desy Sari Dewi, mengatakan selama periode perayaan Natal dan Tahun Baru lalu (25 Desember 2014 sampai dengan 1 Januari 2015) terdapat peningkatan 18 persen untuk traffic SMS dan 4 persen untuk trafik data dibandingkan hari normal. Sedangkan untuk layanan percakapan suara justru mengalami penurunan sekitar 1 persen dibandingkan hari normal.
"Selama  perayaan Natal dan pergantian Tahun Baru 2015, jaringan XL tetap aman dan lancar dalam  mendukung dan melayani kelancaran berkomunikasi pelanggan. Termasuk dalam penyediaan layanan data yang nyaman,” ujar Desy.
Menurutnya, kelancaran tersebut membuat pelanggan dapat mengoptimalkan alternatif berkomunikasi. Baik melalui layanan dta, layanan voice dan SMS dalam menyampaikan pesan Natal dan Tahun Baru bagi kerabat dan saudaranya.
Dia menyebutkan, pada hari biasa, di East Region trafik untuk percakapan suara rata-rata sebanyak 60,03 juta menit/hari. Sedangkan trafik SMS sebanyak 148,11 juta sms/hari dan trafik data lebih dari 68 GB/hari. Sementara, dalam perayaan Natal dan Tahun Baru ini, layanan SMS mencatat lonjakan trafik menjadi 175,23 juta sms/hari dan penggunaan layanan data meningkat menjadi 71GB/hari.
Sementara penggunaan layanan percakapan cenderung mengalami penurunan menjadi 59,31 juta menit/hari . Kenaikan tertinggi layanan SMS terjadi di Surabaya, Mataram dan Jember. Sedangkan kenaikan trafik data terjadi di Surabaya, Denpasar dan Mataram. (ley/feb)