Makin Gaya dengan GAIA Mini

MALANG – Pabrikan ponsel lokal Advan, memiliki beberapa tipe dengan nama GAIA. Salah satunya yakni GAIA Mini S4H, sebuah ponsel kecil dengan layar 4 inci dan sudah mengusung sistem operasi terlaris, Android 4,4 KitKat serta memori internal mencapai 8 GB.
Promotor Advan Malang Plaza, Dini Oktavia menuturkan, seri GAIA Mini S4H tidak kalah canggih dengan dua saudaranya, yakni GAIA S4D dan GAIA Tab. “Untuk ukuran ponsel low end, spesifikasi yang diusung GAIA Mini sangat bagus. OS terbaru, dan internal memori sangat besar,” tuturnya,
Menurutnya, perangkat yang dibandrol di kisaran Rp 800 ribuan ini telah menggunakan layar In Plane Switching (IPS) yang kapasitif dengan resolusi 800×480 piksel. Teknologi layar ini mampu menghadirkan kejernihan gambar serta view angle yang luas. “Layar IPS memberikan sudut pandang lebih luas, dan lebih nyaman di mata dipandang dari berbagai sisi,” beber dia kepada Malang Post.
Dia menyampaikan, ponsel ini membenamkan jeroan yang tak jauh beda dengan seniornya. Yakni prosesor Quad-core 1.2GHz, plus dukungan RAM 1 GB. Dapur pacu empat inti ini sangat lega untuk mengoperasikan berbagai macam aplikasi. Sementara itu, untuk keperluan penyimpanan file ekstra, GAIA Mini menyiagakan slot memori ekspansi microSD mencapai 32 GB.
Yang menambah smartphone ini semakin menarik untuk dimiliki, telah dibekali sistem operasi Android 4.4.2 KitKat tanpa harus upgrade dari seri sebelumnya, Jelly Bean. “Berbeda dengan GAIA S4D yang sebelumnya menggunakan Android 4.2 Jelly Bean, namun terbaru sudah bisa mencicipi versi Android KitKat dengan cara upgrade,” imbuhnya.
Beralih ke fitur fotografi yang akan memanjakan penggunanya. Dengan harga Advan GAIA Mini S4H yang cukup terjangkau tadi, perangkat sudah memiliki dua buah kamera dengan sensor lumayan besar untuk segmen low end. Kamera utama dengan lensa 5 MP untuk kebutuhan foto pengguna yang disempurnakan dengan fitur auto focus dan LED Flash. Selain itu Advan menyematkan pula fitur touch focus, panorama mode serta geo tagging untuk menunjang hasil foto lebih berkualitas. Smartphone ini mampu digunakan merekam video Full HD dengan resolusi 1080p.
“Bagi yang gemar berfoto selfie akan dimanjakan dengan kamera depan beresolusi 2 MP Selain tu pengguna juga dapat melakukan panggilan video ataupun video chatt dengan menggunakan sarana kamera menghadap depan yang dibawakan Advan GAIA Mini ini,” urai dia panjang lebar.
Dia menerangkan, untuk sektor konektivitasnya, smartphone Advan Vandroid GAIA Mini ini telah mendukung fitur dual SIM yang dapat mengakses data di jaringan 3G HSDPA. Selain itu terdapat juga fitur Wi-Fi direct dan Wi-Fi hotspot yang dapat digunakan untuk menjelajahi dunia internet. Sementara, perangkat Bluetooth dan MicroUSB dapat digunakan untuk mentransfer dan menerima data file dari perangkat orang lain. (ley/feb)