Nokia N1 Mulai Dicari, 500 Ribu Pembeli Gigit Jari

MALANG – Nokia masih memiliki magnet yang tinggi bagi penggemar gadget. Sudah menyerah untuk meluncurkan ponsel, Nokia terlihat bernafas dengan seri tablet terbarunya yang kini mulai beredar di pasar gadget internasional, tepatnya di Tiongkok. Hal ini membuat beberapa gadgeter di Malang pun menunggu kehadiran tablet dengan nama Nokia N1 tersebut.
Promotor Microsoft (dulu Nokia,red) Astu Rokha menyampaikan, beberapa hari terakhir, ada customer yang bertanya seri itu. “Seri Nokia N1 ini ada yang mencari atau paling tidak bertanya apa dijual di Indonesia, termasuk di Malang ini,” ujarnya.
Astu menyampaikan, belum ada kepastian mengenai penjualan seri tablet tersebut. Sehingga, dia tidak berani memastikan pula, customer bisa memesan untuk membeli koleksinya secara offline atau tidak.
“Di Tiongkok saja penjualannya secara online. Ditunggu saja perkembangan terbaru,” beber dia kepada Malang Post.
Dia mengakui, banyak customer yang update tentang Microsoft dan Nokia via media massa. Tak pelak, customer juga lebih cepat paham bila terdapat seri terbaru. Pria ramah ini menuturkan, penggemar gadget yang membutuhkan seri berlayar lebar, juga bisa memanfaatkan Nokia Lumia 1020 atau 1320 yang memiliki bentang layar di atas 6 inci.
“Jika ingin yang seri terbaru, Microsoft Lumia 535 Dual mengusung fitur yang tak kalah menarik,” tegasnya.
Sementara itu, salah satu penggemar Nokia di Kota Malang, Rizky Nuraidah mengakui, juga tertarik untuk membeli koleksi tersebut. Menurutnya, bila Nokia N1 dijual di Indonesia, dia akan memastkan membeli seri tablet dengan bentang layar 7,9 inci tersebut.
“Bila melihat spesifikasinya, saya sangat tertarik. Semoga segera beredar di Indonesia,” ujarnya.
Kiky, sapaan akrabnya menuturkan, terus mengupdate perkembangan seri tersebut. Sembari menunggu, dia juga tengah mengumpulkan dana untuk membeli tablet yang diprediksi berharga di kisaran Rp 3 jutaan tersebut.
Sementara itu, dikutip dari Trusted Reviews, Nokia terbilang sukses merilis tablet terbarunya, N1. Vendor asal Finlandia itu baru saja mencetak rekor dengan menjual 20.000 unit tablet Nokia N1 hanya dalam waktu 4 menit 2 detik secara online di Tiongkok.

Tiongkok menjadi negara pertama tempat peluncuran perangkat dengan bentang layar 7,9 inch yang memiliki resolusi 2048 x 1536 pixel itu. Di Negeri Tirai Bambu, tablet tersebut dijual dengan harga USD 257 atau sekitar Rp 3,2 jutaan. Harga yang cukup terjangkau untuk sebuah tablet dengan daftar spesifikasi yang mumpuni.

Tidak heran, bila gadgeter di Tiongkok berbondong-bondong mengantre untuk memburu Nokia N1. Bahkan, Jumat (9/1/15), masih ada sekitar 500 ribu calon pembeli yang tidak kebagian tablet Nokia. Headline di Trusted Reviews menulis, “Nokia N1 sells out in 4 minutes, 500k customers left wanting.”

Secara garis besar, spesifikasi tablet Nokia N1 memang masuk kategori mumpuni. Prosesornya menggunakan Intel Atom Z3580 quad core 64 bit berkecepatan 2,3 GHz, RAM 2 GB, memori internal 32 GB, kamera utama 8 MP, dan kamera depan 5 MP.
Sistem operasinya pun menggunakan sistem operasi terbaru dari Android 5.0 Lollipop. Tak heran, Nokia N1 kerap dikatakan sebagai penantang berat bagi iPad Mini 3. Malahan, dari hasil uji benchmark di beberapa aplikasi, Nokia N1 sedikit berada di atas iPad Mini 3. Di AnTuTu misalnya, Nokia N1 berhasil menorehkan skor 45.121, sedangkan iPad Mini 3 cukup puas dengan hasil 28.446. (ley/oci)