Ukuran Mini Sangat Mumpuni

MALANG– Raksasa gadget asal Korea, Samsung mengenalkan seri Galaxy Alpha pada triwulan terakhir 2014 lalu. Selain seri yang masuk golongan koleksi premium itu, Samsung juga mengenalkan seri yang menyasar pangsa pasar menengah, dengan tiga seri yakni Galaxy A3, Galaxy A5 dan Galaxy A7.
Kini, salah satu seri tersebut sudah bisa ditemukan di pasar gadget Malang untuk seri Galaxy A3 yang memiliki keunggulan pada bentuknya yang mini, namun memiliki spesifikasi sangat mumpuni seperti memori internal mencapai 16 GB.
Samsung merancang body pada spesifikasi Samsung Galaxy A3 dengan desain yang pas dalam genggaman. Tidak terlalu besar namun tidak juga terlampau kecil. Dengan ukuran dimensi 130.1 x 65.5 x 6.9 mm ponsel ini tidak terlalu berat dengan bobot 110.3 gram saja. Dimensi itu membuat penggunanya cukup nyaman menggenggam ponsel yang bodinya terbuat dari logam ini.
Owner Karna Jaya Cell, Badri menyampaikan, Galaxy A3 merupakan seri paling gres dari Samsung untuk penggemar gadget di Malang Raya. Perangkat berukuran 4,5 inci itu hadir di pekan kedua tahun 2015 ini. ”Masih sangat baru di Malang. Hanya beberapa outlet saja yang sudah memiliki koleksi Samsung Galaxy A3,” ujarnya.
Menurutnya, sesuai dengan bandrol harganya sebesar Rp 3,599 juta, maka perangkat ini menyasar pasar menengah. Akan tetapi, sekalipun menyasar pasar lebih rendah daripada seri Galaxy Alpha, fiturnya tidak perlu diragukan lagi.
Salah satunya kapasitas memori 16 GB pada bagian internal. Space tersebut sangat mumpuni untuk menyimpan file, baik gambar, audio, maupun video. Ruang yang luas itu turut membantu kinerja perangkat menjadi lebih lancar. ”Bila ditambah dengan dapur pacunya yang menggunakan prosessor Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53, kinerjanya semakin maksimal,” papar Badri kepada Malang Post.
Jika merasa memori 16 GB masih belum mampu menampung file multimedia pengguna, maka ketersediaan microSD eksternal  dengan kapasitas yang bisa diperbesar hingga 64 GB dipastikan akan sangat membantu. Sehingga, bila pengguna gemar menyimpan foto, tidak perlu khawatir akan kekurangan tempat dan harus menghapus beberapa file. ”Terkadang, bila memori sudah hampir penuh, kinerja juga semakin lemot. Dengan kapasitas yang besar, maka operasi aplikasi dijamin lebih lancar,” urai dia panjang lebar.
Badri menjelaskan, Galaxy A3 menggunakan RAM 1 GB dan dilengkapi dengan sistem operasi Android KitKat 4.4. Android tersebut merupakan OS terlaris saat ini, dan sudah memberikan jaminan kecepatan ketika berselancar di dunia maya. Sementara itu, untuk penampilan grafis dari perangkat ini menggunakan kartu grafis Adreno 306 dan menggunakan chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410. Spesifikasi memberikan tampilan grafis memukau pada saat pengguna bermain games yang membutuhkan kerapatan gambar tinggi.
Sementara untuk layarnya,  Galaxy A3 mempunyai resolusi 540 x 960 pixels. Samsung juga membekalinya dengan teknologi Super AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) capacitive touchscreen. Teknologi ini memiliki tingkat kontras yang lebih tinggi ketimbang LCD. Tak pelak, bila penampilan gambarnya kaya warna mencapai 16 miliar dengan tingkat kedalaman mencapai 245 pixel per inch (ppi).
Selain itu, layar Super AMOLED membuat Galaxy A3 lebih hemat daya sebesar 20 persen. Jika AMOLED biasa tidak begitu jelas terlihat di bawah sinar matahari, Super AMOLED tetap bisa terbaca walau pun dilihat dari sudut 180 derajat, dengan tingkat kecerahan 20 persen lebih cerah.
Sementara itu, untuk fitur kamera pengguna juga mendapatkan jaminan kepuasan dari Samsung. Sebab, dengan lensa 8 MP pada kamera utamanya, spesifikasi Samsung Galaxy A3 sangat bisa diandalkan. Resolusi kamera belakangnya mencapai 3256 x 2448. ”Belum  lagi fitur LED flash dan autofocus yang juga melengkapi aktivitas berfoto ria. Masih ditambah fitur geo-tagging, touch focus, face detection, panorama,” jelas dia.
Kualitas kamera depannya, tidak lantas terlalu jauh dengan kualias kamera utamanya. Pengguna bisa melakukan selfie dengan kamera 5 MP pada seri ini dan tidak terlalu jauh kan dengan angka 8 MP pada kamera utama. ”Ukuran kameranya sama dengan Galaxy Grand Prime. Bedanya, perangkat ini memiliki ukuran bodi lebih kecil,” pungkasnya.(ley/ary)