Ketuk Ponsel, Layar Hidup

MALANG – Persaingan gadget yang semakin ketat membuat pabrikan mesti memiliki daya tarik untuk memuaskan penggemarnya. Tak terkecuali LG, yang memiliki L Series generasi ketiga dengan mengandalkan fitur Knock Code, yang membuat perangkat lebih aman dan bisa digunakan untuk mengaktifkan layar hanya dengan cara mengetuk ponsel saja.
LG L Series generasi ketiga terdiri dari empat varian. Selain LG L80 Dual, juga terdapat LG L40, LG L70 dan LG L90.
”Empat koleksi ini memiliki perbedaan ukuran. Untuk fitur unggulan, semua sama Knock Code,” ujar Promotor LG, Luluk Indah Novika.
Dia menyampaikan, LG L80 Dual terhitung laris untuk generasi ketiga L Series. Bersaing dengan LG L90, perangkat ini digemari karena memiliki ukuran sebesar 5 inci. ”Untuk smartphone, ukuran layar 5 hingga 6 inci saat ini yang paling laris. Seri L80 Dual ini bersaing dengan LG L90,” ungkapnya.
Luluk menerangkan, di samping ukuran yang memang market paling besar saat ini, seri ini memiliki daya tarik pada fitur Knock Code. Fitur ini, merupakan perpaduan fitur Knock On dan Code yang terdapat pada seri sebelumnya. Menurut dia, fitur Knock Code membagi layar menjadi empat kuadran. Untuk membuka layarnya, pengguna cukup dengan mengetuk layar antara dua hingga empat kali ketukan pada kuadran tersebut.
” Knock Code adalah fitur yang memungkinkan penggunanya dapat mengaktifkan layar hanya dengan mengetuk pada bagian layar tertentu, yang telah ditentukan terlebih dahulu sebagai pengganti password,” papar Luluk panjang lebar.
Menurut dia, perangkat yang memiliki ukuran 138.2 X 74.3 X 9.7mm tersebut memiliki berat 140 gram. Fitur knock code tadi dapat berjalan karena layar yang diusung full touchscreen. Sementara itu, resolusi yang diberikan sebesar 480 x 800 piksel dengan kerapatan piksel sebesar 187 pixel per inch (ppi). Untuk teknologi layarnya telah menggunakan in plane switching (IPS) LCD, sehingga memberikan sudut pandang yang luas lebih luas meskipun kerapatan ppi-nya terbilang rendah.
Perempuan ramah ini menjelaskan, sistem operasi dari perangkat sudah berbasis Android KitKat 4.4, layaknya sebagian besar perangkat yang sudah menggunakan OS paling hits di tahun 2014 lalu. ”Tahun lalu, perangkat sudah berlomba untuk memberikan OS terbaru. Apalagi, untuk seri yang keluar di semester kedua, sudah mesti bersaing dengan fitur yang sangat mumpuni,” jelas dia.
Sebagai penyokong kinerja, RAM 1 GB dan pengolah grafis Adreno 302 diberikan oleh LG. RAM tersebut ditunjang dengan media penyimpanan internal sebesar 4 GB, dan bila masih merasa kurang, bisa memaksimalkan kapasita sebesar 32 GB pada slot eksternal dengan microSD.
Luluk menguraikan, untuk sisi kamera belakang, LG memberikan resolusi sebesar 5 MP dengan hasil jepretan mencapai 2592 x 1944 piksel. Hasil jepretan bisa dimaksimalkan dengan memanfaatkan LED flash serta fitur lainnya seperti touch focus, face detection hingga panorama.(ley/ary)