Apple Siapkan Prosesor iPhone untuk Mac

Chip A-series adalah otak pemrosesan pada iPhone dan iPad garapan Apple. Di masa depan, raksasa teknologi ini berencana memodifikasinya menjadi otak pemrosesan untuk komputer Mac.

Bocoran soal prosesor ini diungkap oleh Ming-Chi Kuo, seorang analis di perusahaan riset KGI Securities. Dia mengatakan bahwa prosesor buatan Apple itu dibekali kinerja dengan level antara Intel Atom dan Core i3.

Kehadiran prosesor ini bisa berarti Apple akan meninggalkan Intel. Bila prosesor tersebut terwujud, maka perusahaan asal California itu bisa lebih mudah mengatur timing peluncuran produknya.
Kuo yakin, saat ini Apple sedang mengatur lini produksi prosesor miliknya. Samsung akan membagi pesanan untuk chip A9 dengan Global Foundries. Samsung juga akan mengerjakan chip A10X yang menggunakan teknologi 10nm.

Sementara TSMC akan menangani chip A10 pada 2016. Mereka juga menangani pembuatan chip A9X yang bakal jadi otak pemrosesan iPad dan Mac versi low-end. Demikian disarikan dari Apple Insider, Sabtu (17/1/2015).

Usaha pembuatan prosesor untuk Mac ini bukan hal baru bagi Apple. Pada 1986 silam, Apple pernah mencoba membuat prosesor quad-core untuk Mac. Proyek itu dikenal dengan sebutan Aquarius dan disetujui langsung oleh CEO Apple John Sculley (menjabat dari 1983-1993). Namun sayangnya mereka gagal. (kps/aim)