Siap Multitasking dan Anti Lemot

MALANG – Awal tahun ini, pasar gadget di Malang sedang digelontor oleh beberapa seri terbaru dari Samsung. Pasca seri Galaxy Alpha dan Galaxy A3, kini Galaxy A5 sudah bisa didapati keberadaannya di beberapa outlet. Perangkat ini hadir bagi pecinta gadget kalangan menengah, dengan spesifikasi unggulan berupa RAM sebesar 2 GB.
Head Store Erafone Mall Olympic Garden (MOG) Malang, Rizki Cahyono mengatakan, Galaxy A5 merupakan seri paling gres dari Samsung dan kini jadi pilihan baru penggemar gadget.
“Seri ini baru sepekan hadir di Malang. Hampir bersamaan dengan Galaxy A3,” katanya.
Menurut dia, Samsung menyiapkan seri A ini dalam tiga pilihan. Yakni Galaxy A3, Galaxy A5 dan Galaxy A7. Ketiga seri itu disiapkan oleh vendor asal Korea sebagai versi murah dari Galaxy Alpha yang menyasar kalangan menengah ke atas.
“Untuk Galaxy A, dengan harga lebih murah maka sasaran penggunanya kelas middle yang membutuhkan gadget dengan fitur mumpuni namun harga tidak terlalu mahal dan masih dari vendor ternama,” papar dia panjang lebar.
Pria yang akrab disapa Kiki ini menyampaikan, Galaxy A5 memiliki beberapa keunggulan. Misalnya RAM yang lega sebesar 2 GB dan fitur multimedia berupa kamera sebesar 13 MP. Menurutnya, dengan RAM yang besar, Samsung memberikan jaminan perangkat tetap lancar meskipun dijejali dengan aplikasi yang berat. Bila pengguna melakukan aktivitas multitasking, perangkat tetap dijamin anti lemot.
“Beberapa aplikasi dibuka berbarengan pun tetap lancar. Sebab kapasitas RAM-nya sangat memadai ditunjang dengan dapur pacu yang tidak kalah pula,” papar dia.
Untuk bagian prosesor, perangkat yang dikenalkan medio November lalu ini menggunakan Quad Core ARM Cortex A7 dengan kecepatan mencapai 1,2 GHz. Ditunjang chipset Qualcomm Snapdragon 400, jaminan dapur pacu yang tidak mengecewakan bagi pengguna yang membutuhkan kecepatan untuk berselancar di dunia maya hingga membuka aplikasi gaming dengan tingkat memori dan grafis yang tinggi.
Sementara itu, dari segi penampilan gambar, perangkat dengan ukuran 5 inci ini memiliki resolusi 1280 x 720 piksel yang telah dibalut dengan teknologi layar Super Amoled. Hasilnya, tingkat kerapatan gambar layar mencapai 294 pixel per inch (ppi). “Gambarnya hampir setara dengan Galaxy Alpha, sangat jernih dan memanjakan mata,” urai dia kepada Malang Post.
Dari segi tampilan, model SM A500 ini menggunakan casing dari frame berbahan metal. Sehingga, membuat perangkat dengan bandrol Rp 4,99 juta ini terlihat menawan dan elegan. “Belum lagi bila melihat fitur di dalamnya sangat canggih, akan semakin menyempurnakan keeleganan Galaxy A5 ini. Misalnya dengan OS Android 4.4 KitKat,” imbuh dia.
Untuk pengguna yang hobi dengan fotografi, pada bagian belakang disematkan kamera utama yang memiliki sensor 13 MP lengkap dengan adanya fitur autofokus dan LED Flash. Sementara, kamera sekunder di bagian depan sebesar 5 MP yang sangat cocok dimanfaatkan untuk kebutuhan foto selfie dan video call. “Dengan resolusi yang tinggi, kedua kamera ini sangat memanjakan pengguna yang hobi mengabadikan momen berharga, serta kerap bergaya untuk memotret dirinya sendiri,” pungkas dia.(ley/ary)