Bentuk Mungil, Tapi Lajunya Kencang

MALANG – Persaingan dalam industri tablet lokal, membuat pabrikan kerap melakukan terobosan. Pabrikan berlomba mengeluarkan seri terbaru dengan fitur yang mumpuni untuk menjaring customer. Seperti halnya yang dilakukan oleh Evercoss, yang kini memiliki tablet mungil berukuran 7 inci.
Dengan ukuran tersebut, tablet yang diberi label Evertab AT7S ini memiliki memori internal sebesar 8 GB. Sales Counter Sentral Mobile Phone Malang Plaza, Priska Anggraini menyampaikan, Evercoss memberikan memori internal 8 GB sebagai kekuatan menampung aplikasi. Sehingga, bila pengguna tablet termasuk gemar memasang aplikasi, space yang besar akan membantu tablet tetap kuat menjalankan aplikasi.
“Terkadang untuk pabrikan lokal memiliki fitur yang canggih, namun tidak memiliki kapasitas yang besar. Sehingga, ketika dipasangi banyak aplikasi, mendadak tablet menjadi lemot. Namun dengan seri Evertab AT7S akan terasa berbeda,” ujarnya.
Menurut dia, memori internal yang besar membuat pengguna bebas memasang aplikasi, mulai dari games hingga media sosial. Khusus untuk menyimpan file musik atau foto, disarankan di memori eksternal. Untuk seri ini, Evercoss memberikan kapasitas hingga 32 GB melalui slot microSD.
“Kecuali foto yang penting, mendingan disimpan di eksternal memori. Jaminan bila tablet sewaktu-waktu harus diflash,” beber dia kepada Malng Post.
Selain memori, perangkat ini ditunjang dengan dapur pacu yang bermutu tinggi. Pasalnya, vendor lokal ini mengusung prosesor Quad Core dengan tingkat kecepatan mencapai 1.3 GHz. Sebagai teman prosesor, RAM yang diberikan tak kalah besar pula, yakni 1 GB.  Kolaborasi dapur pacu, RAM dan memori yang besar membuat seri ini digemari bagi pengguna yang tidak memperhatikan brand untuk koleksi tabletnya.
“Masih disempurnakan juga dengan sistem operasi Android 4.4 KitKat untuk menunjang aktivitas di dunia maya. Dengan OS terbaru dan terlancar saat ini, pengguna bebas berekspresi dengan tablet ini untuk keperluan pekerjaan mau pun santai di media sosial hingga bermain game online,” urai dia panjang lebar.
Priska menjelaskan, bila perangkat ini memiliki dua kamera untuk menunjang hobi fotografi. Pada bagian depan, resolusi sebesar 5 MP terhitung besar bagi vendor lokal dengan harga di kisaran Rp 1,3 jutaan. “Kamera depannya sangat bagus bila pengguna ingin bergaya di depan kamera seorang diri,” tegasnya.
Sementara, untuk momen berharga bisa memanfaatkan kamera belakang sebagai kamera utamanya dengan resolusi 8 MP. Menurut dia, Evercoss menjamin bila pengguna tidak akan kecewa mengandalkan kamera dari perangkat berukuran 7 inci ini.
Sementara itu, untuk bagian layarnya diberikan layar in plane switching (IPS) dengan resolusi 1024 x 600 pixel. Touchscreen yang kapasitif membuat pengguna sangat mudah untuk menjalankan berbagai aplikasi dengan sentuhan yang lembut. Pada bagian layar, menggunakan Rhino Screen berupa kaca keras yang membuat perangkat tampil kokoh dan terkesan sebagai perangkat yang mahal.(ley/ary)