Tablet Terjangkau, Bidik Anak-Anak

MALANG – Pabrikan Treq tidak kalah aktif untuk meluncurkan gadget seri terbarunya. Selain meluncurkan gadget dengan fitur terbaru yang menyasar kalangan anak muda, hingga pasar orang tua. Pabrikan ini juga meluncurkan seri Treq Basic 2K, tablet 7 inci yang membidik anak-anak untuk merasakan teknologi terbaru, Android 4.4 KitKat.
Promotor Treq Murah Computer Cyber Mall, Ayunik MS menyampaikan, tablet ini termasuk pendatang baru dari Treq. Kemunculannya di semester 2 tahun lalu ditujukan untuk memeriahkan pasar tablet bersistem operasi Android KitKat.
“Keunggulan kami merupakan tablet murah tetapi dengan OS paling baru, dengan fitur yang tidak terlalu berat,” ujarnya.
Menurut dia, perangkat ini tidak menyasar kalangan high end. Malahan, sebagian besar penggunanya termasuk anak-anak dan remaja. ”Untuk seri Basic 2K ini disukai orang tua. Mereka membeli untuk anak-anaknya,” beber dia kepada Malang Post.
Ayu, sapaan akrabnya menyampaikan, tablet ini memang pas bagi orang tua yang membutuhkan tablet untuk media pembelajaran anak-anak. Dengan harga di kisaran Rp 575 ribuan, maka orang tua pun dipastikan tidak khawatir rugi membelinya. Sebab, Treq Basic 2k cukup mudah untuk dioperasikan oleh anak-anak.
Dia memastikan, sekalipun berharga murah, tablet ini tetap tidak mengesampingkan fitur. Sebagai bukti, perangkat ini menggunakan prosesor dual core Cortex AS dengan kecepatan mencapai 1 GHz. Dilengkapi pula dengan Mali 400 MP, Treq Basic 2K mengusung RAM sebesar 512 MB.
“Untuk olah grafisnya tidak terlalu mengecewakan. Asalkan tidak untuk bermain games HD, tablet ini masih menawarkan gambar yang bagus,” papar dia panjang lebar.
Menurutnya, pengguna anak-anak bisa mengoperasikan video dan menampilkan gambar yang besar dengan layar 7 inci. Ayu menyampaikan, perangkat ini bagi anak-anak yang tengah belajar mengoperasikan tablet sangat pas dan tidak mengecewakan.
Perempuan ramah ini menuturkan, perangkat sudah mendapat supporting Play Movie HD 1080. Hasilnya, aktivitas nonton film di tablet ini akan mendapatkan sajian yang lebih jernih dan berkualitas. Perangkat ini dibuat tanpa slot SIM. Sehingga, bila pengguna ingin melakukan browsing atau update aplikasi, mesti mencari sambungan Wi-Fi Tethering.
Menurutnya, untuk anak-anak di bawah 10 tahun masih sangat jarang membutuhkan koneksi Wi-Fi. “Namun koneksi ini bisa dimanfaatkan untuk orang tua yang ingin mengupdate game terbaru,” imbuhnya.
Pada bagian kamera, perangkat dengan memori internal sebesar 4 GB maupun 8 GB. Perangkat telah dilengkapi dengan kamera 2 MP dan VGA. Ukuran tersebut sudah sangat layak untuk perangkat yang dibandrol di bawah Rp 600 ribuan.
Ayu menambahkan, untuk menyempurnakan sasaran dari Tablet Basic 2K ini, pilihan warnanya pun menggugah selera anak-anak. Yakni hitam, biru, marine, merah dan putih. Dalam satu perangkat ini, akan mendapatkan hadiah langsung leather case.(ley/ary)