Blokir Spam Mama Minta Pulsa

MALANG - Fenomena SMS spam yang belakangan ini kembali marak, membuat operator  Indosat menghadirkan layanan terbarunya. Bagi pelanggan yang merasa terganggu dengan banyaknya SMS spam dan panggilan mengganggu yang masuk, dapat menggunakan layanan *123*600# untuk memblokir nomor atau kata kunci yang mereka inginkan.
Cara penggunaan layanan blokir ini sendiri diklaim cukup mudah, pengguna hanya perlu mengetikkan perintah USSD *123*600#. Kemudian akan ada tampilan menu fitur yang bisa dipilih. Layanan ini membuat pelanggan tak lagi mendapatkan SMS dan panggilan yang mereka tidak inginkan.
Menurut Division Head Content & VAS Indosat, Hesti Diyahanita Priamsari, diluncurkannya layanan ini semata-mata untuk meningkatkan kenyamanan komunikasi bagi pelanggan Indosat ke depannya.
“Tujuan layanan SMS Pintar dan beberapa layanan lainnya adalah solusi Indosat untuk memberikan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi tanpa gangguan,” ujar Hesti.
SMS penawaran, SMS permintaan sejumlah dana, dan SMS sampah lainnya ialah hal yang paling banyak dikeluhkan pelanggan yang menggunakan layanan ini. Selain layanan blokir SMS dan panggilan telepon, beberapa fitur lainnya adalah SMS Auto Reply, Auto Copy, dan Auto Forward.
SMS Auto Reply dapat difungsikan untuk membalas pesan singkat secara otomatis, sedangkan SMS Auto Copy akan menyalin SMS yang diterima ke nomor ponsel lain atau alamat email yang diinginkan. Untuk fitur SMS Auto Forward, meneruskan SMS yang diterima apabila nomor ponsel sedang tidak aktif.
Sementara itu, Malang Post mendapati salah satu pelanggan yang sudah mengaktifkan layanan ini. Verra Maya Calista menyebut layanan Pintar ini sangat membantu untuk membatasi SMS dari nomor tertentu, atau SMS dengan pesan tertentu. Biaya yang dikenakan sebesar Rp 2000 per 30 hari. “Misalkan kita enggan ada sms dengan kata Minta Pulsa, maka bisa membatasinya,” ujar dia.
Menurutnya, SMS spam memang kerap mengganggu. Bahkan, dalam sehari bisa lebih dari dua kali ada SMS dengan isi yang hampir sama namun dengan nomor yang berbeda.(ley/ary)