Pengguna Opera Mini Capai 30 Juta di Indonesia

Dari kiri ke kanan Dirut Malang Post J.D Purwanto, Komisaris Malang Post Husnun N. Djuraid, Corcom Opera Software Indonesia Agnes Agastia dan Burson Marsteler Associate Roshina Erawaty serta Pemred Malang Post Sri Nugroho.

Meningkat 100 Persen, Tak Berbayar untuk Pengguna Smartphone
MALANG–Internet browser Opera semakin mendapat kepercayaan bagi pengguna gadget di tanah air. Tercatat, sepanjang tahun 2014 lalu terjadi peningkatan dua kali lipat ketimbang tahun sebelumnya bagi pengguna salah satu browsernya yakni Opera Mini yang dikhususkan bagi pengguna ponsel.
“Tahun 2014 lalu, tercatat pengguna Opera Mini di Indonesia mencapai 30 juta. Jumlah itu meningkat 100 persen dibanding tahun sebelumnya,” ujar Corporate Communication Manager Opera Software Indonesia, Agnes Agastia.
Dia menyampaikan, data itu berlaku menunjukkan bila pengguna gadget, baik ponsel, tablet maupun iPad sangat mempercayakan internet browsernya kepada Opera. Terutama, mereka yang menggunakan ponsel yang membutuhkan sambungan internet, namun tidak boros kuota ketika sudah menjalankannya.
Dengan opera mini, maka penggunaan kuota internet lebih hemat dan minimal. Sebab, Opera bisa mengonversi halaman yang diakses oleh pengguna mencapai 90 persen. “Teknologi konversi kami bisa mencapai 90 persen. Misalkan dalam sehalaman yang harus dibuka sebenarnya 100 kb, di Opera Mini bisa menjadi 10 kb saja,” beber dia ketika berbincang dengan Malang Post, kemarin (22/1).
Agnes menuturkan, dengan ukuran yang lebih kecil, smartphone juga terbantu. Proses browsing menjadi lebih cepat dan tidak boros akan baterai.
Dia menambahkan, dengan catatan 30 juta pengguna, maka di Indonesia menduduki pengguna terbanyak kedua setelah India. Menurut dia, hal ini semakin membuktikan bila Opera yang berdiri sejak tahun 1995 ini mampu bersaing dengan kompetitor browser lain. Khusus untuk Opera Mini, aplikasi ini sudah ada sejak tahun 2005 lalu.
“Masih jamannya handphone Symbian dan Java waktu itu. Sekarang pun kami masih menggarap pasar itu dengan mengupdate fitur terbaru untuk pengguna,” urai dia panjang lebar.
Opera Software juga telah menjalin kerjasama dengan vendor seperti Mito dan Evercoss yang sudah terinstal langsung software Opera. Sementara, untuk jenis lain, pengguna smartphone bisa mendownloadnya secara gratis. “Tidak berbayar ini yang menjadi salah satu kelebihan Opera,” tambah dia.
Sementara itu, Kamis (22/1) kemarin Corcom Opera Software Indonesia Agnes Agastia dan Burson Marsteler Associate Roshina Erawaty mengunjungi Redaksi Malang Post. Diterima oleh Direktur Utama Malang Post Juniarno Djoko Purwanto, Komisaris Malang Post Husnun N. Djuraid, Pemred Malang Post Sri Nugroho dan Redpel Dewi Yuhana, manajemen Opera berbincang akrab untuk menjalin silaturahmi dengan Malang Post.(ley/ary)