Diluncurkan, Windows 10 Dibagikan Gratis

JAKARTA-Setelah hanya sebatas mengumumkannya beberapa bulan lalu, Windows 10 akhirnya resmi diluncurkan Microsoft. Sejumlah pembaharuan pun didatangkan oleh Microsoft di perangkat lunak terbarunya ini.
Selain memastikan kembalinya menu start, Microsoft juga menyodorkan sejumlah fitur anyar yang pertama kali hadir di OS besutannya.
Salah satu fitur yang dimaksud adalah Cortana. Ya, bila tadinya cuma bisa ditemui di Windows Phone, asisten digital milik Microsoft itu kini juga bisa ditemui di Windows 10. Artinya, pengguna PC pun bakal bisa merasakan kecanggihan Cortana.
Fitur lain yang ditawarkan Microsoft di Windows 10 adalah hadirnya browser baru bernama Spartan. Aplikasi perambah internet ini pun dipastikan menggantikan posisi browser Internet Explorer yang selama ini jadi andalan Microsoft. Selain punya tampilan yang lebih segar, Spartan juga diklaim sebagai aplikasi yang enteng.
Menariknya, Microsoft menjanjikan Windows 10 akan dibagikan secara gratis bagi pengguna. Sayangnya hal itu hanya berlaku buat pengguna yang kini menggunakan Windows 7 atau Windows 8.
Jadi pengguna kedua OS tersebut hanya tinggal melakukan update nantinya. Pun begitu, penawaran ini hanya berlaku hingga setahun ke depan. Selepas itu pengguna yang baru melakukan upgrade ke Windows 10 harus membelinya.
Tapi meski sudah resmi diluncurkan, Microsoft belum menjelaskan kapan Windows 10 dilempar ke pasaran. Karena seperti dikutip dari PC World, Kamis (22/1/2015), terhitung mulai pekan depan Microsoft baru akan menebar Windows 10 versi Preview Build.
Versi ini belum final, melainkan versi pengenalan bagi pengguna sekaligus bertujuan untuk memperoleh masukan terkait update baru yang hadir di Windows 10.(dtc/ary)