Anak Muda Market Potensial Opera Mini

MALANG – Indonesia tercatat sebagai penyumbang pengguna Opera Internet Browser terbesar kedua di dunia. Dari jumlah tersebut, 34 persen berasal dari pengguna yang masih muda, dengan rentang usia 18-24 tahun. Berdasarkan minat pengguna yang sebagian besar anak muda, Opera ASA di Indonesia pun menggunakan sosok muda bernama Calvin Jeremy sebagai brand ambassador untuk meningkatkan pengguna perusahaan yang sudah berdiri sejak tahun 1995 tersebut.

Corporate Communication Manager Opera Software ASA, Agnes Agastia menyampaikan, data pertumbuhan terupdate medio September 2014 lalu. Mobile browser andalannya, Opera Mini digunakan oleh lebih dari tiga puluh juta pengguna setiap bulannya (monthly active users).

“Jumlah tersebut menempatkan Indonesia sebagai pengguna Opera Mini kedua terbesar di dunia setelah India. Seperempatnya merupakan pengguna smartphone, terutama Android. Angka ini naik 2,5 kali lipat ketimbang tahun lalu,” ujarnya dalam Media Gathering Opera Software ASA di Ikan Bakar Cianjur, kemarin (23/1).

Menurut dia, usia rata-rata pengguna Opera Mini di Indonesia adalah 24 tahun, dengan 4 dari 10 pengguna masih duduk di bangku sekolah atau universitas. Selain itu meskipun masih dikuasai oleh pengguna feature phone, adopsi Opera Mini di ranah smartphone ternyata tetap fantastis. Terdapat kenaikan 154 persen untuk penggunaan smartphone, dengan pertumbuhan tertinggi dicapai oleh Android yang mencatat angka 156 persen dan disusul oleh iOS sebesar 71 persen.

Melihat segmen pengguna Opera Mini, tak heran jika Opera membidik pengguna entry level smartphone dengan pengeluaran bulanan untuk paket data tidak terlalu besar. Kemampuan kompresi Opera Mini yang diklaim mencapai 90 persen akan memudahkan konsumen mengakses lebih banyak halaman dengan konsumsi data yang lebih hemat.

”Anak muda, di rentang usia 18-24 tahun merupakan penyumbang paling besar. Makanya, bidikan kami juga anak muda,” beber dia kepada Malang Post.

Tidak heran, bila Opera akhirnya menggandeng sosok Calvin Jeremy sebagai Brand Ambassador sejak semester dua tahun lalu. Sosok anak muda yang smart, berbakat dan digandrungi menjadi dasar dari pemilihan Calvin.

Dengan adanya Calvin Jeremy sebagai Brand Ambassador Opera Software, kami yakin bahwa kolaborasi yang akan kami lakukan ini dapat membantu dalam memberikan informasi serta edukasi kepada generasi muda saat ini,”  jelas Agnes.

Sementara itu, Opera Software ASA Minggu (25/1) besok akan menggelar Opera Run yang berlangsung di Jalan Ijen Kota Malang. Calvin Jeremy pun turut di dalamnya dan akan perform untuk menghibur anak-anak muda. (ley/oci)