Bosan layar Lebar, Xperia Z3 Compact Jadi Pilihan

MALANG – Pabrikan Sony beberapa waktu terakhir terus memunculkan seri terbaru dengan fitur mumpuni dan layar lebar di atas 5 inci. Akan tetapi, vendor tersebut tidak melupakan mengeluarkan seri mini dengan fitur yang tak kalah canggih. Misalnya Xperia Z3 Compact yang hanya mengusung layar seluas 4,6 inci saja, sebagai miniatur seri Xperia Z3.
Xperia Z3 Compact termasuk pendatang baru untuk perangkat besutan Sony. Kedatangannya di pasar gadget Malang di dua bulan terakhir 2014 lalu.
“Untuk saat ini, seri Z3 Compact ini salah satu yang paling gres,” ujar Head Store Erafone MOG Malang Rizki Cahyono.
Xperia Z3 Compact mengusung fitur premium layaknya Xperia Z3, yakni dilengkapi dengan fitur anti air dan debu dengan tingkat ketahanan air tertinggi (IP65/68).

Dia menyampaikan, perangkat ini hadir bagi penggemar gadget terutama besutan Sony yang bosan dengan layar lebar. Dengan layar yang lebih kecil, lebih nyaman ketika dalam genggaman. Sementara, untuk teknologinya tidak perlu diragukan karena Sony memberikan update fitur berkualitas.
Misalnya pada dapur pacunya, perangkat ini menggunakan Qualcom MSM8974AC Snapdragon 801. Prosesor Quad Core itu memiliki kecepatan mencapai 2.5 GHz yang menjadi jaminan performa perangkat super cepat. “Tidak kalah dengan Xperia Z3, hanya ukurannya saja yang kalah,” tegas dia kepada Malang Post.
Pria yang akrab disapa Kiky ini menuturkan, prosesor Xperia Z3 dikombinasikan dengan balutan RAM sebesar 2 GB. Masih ditambah lagi dengan pengolah grafis Adren0 330 yang memberikan jaminan perangkat tetap kuat dan support meskipun menjalankan game kelas berat. Menurutnya, performa dari perangkat tidak akan mengecewakan, dengan olah gambar yang memuaskan mata. Belum lagi sistem operasi yang sudah menggunakan OS Android 4.4 KitKat
Selain dapur pacunya yang mumpuni, Sony Xperia Z3 Compact ini juga dibekali dengan kamera beresolusi 20.7 MP. Ukuran sebesar itu telah dilengkapi dengan fitur fotografi beragam seperti autofocus, LED flash, 1/2.3” sensor size, geo-tagging, touch focus, face smile detection, HDR, dan juga panorama.
“Resolusi kamera utamanya sangat besar. Masih disempurnakan pula dengan fitur yang lengkap agar hasil jepretan semakin maksimal,” terang dia.
Sementara itu, untuk kamera depan dibekali dengan resolusi sebesar 2.2 MP yang mampu merekam video dengan resolusi 1080 pixel @30fps. Dua kameranya menawarkan kemampuan yang maksimal.
Menurut dia, ponsel dengan bandrol Rp 6 jutaan ini sejatinya punya dimensi bodi yang hampir mirip dengan Xperia Z1 Compact 4,3 inci. Tingginya lebih panjang 0,3mm, sementara tebalnya justru lebih tipis 0,9 mm. Untuk bobotnya lebih ringan 8 gram.
Perangkat ini berbekal resolusi sebesar 720 x 1280 piksel. Layar tersebut dilapisi teknologi panel IPS LCD yang memiliki tingkat kerapatan gambar mencapai 319 ppi (pixel per inch) yang mampu menampilkan 16 juta warna. “Tampilan warnanya tidak kalah dengan seri Z3 yang berukuran normal dengan harga Rp 8 jutaan,” ujar dia.
Untuk menyimpan berbagai macam data file termasuk foto dan juga video hasil bidikan dari kamera smartphone ini, perangkat memiliki media penyimpanan internal sebesar 16 GB. Bila masih merasak kurang, bisa memaksimalkan slot microSD sebagai memori eksternal yang memiliki kapasitas hingga 128 GB.
Demi mendukung kinerjanya, smartphone ini dilengkapi dengan baterai Li-Ion Non-removable berdaya 2600 mAh. Selain itu, perangkat ini juga sudah memiliki konektivitas 4G, jaringan yang tengah dikembangkan oleh operator untuk akses internet super cepat. (ley/oci)