Lebih Mudah Dengan Layar Qwerty

MALANG– Beberapa waktu terakhir, pabrikan gadget berlomba mengeluarkan smartphone dengan teknologi layar sentuh. Namun, vendor lokal seperti Evercoss tidak melupakan merilis perangkat berlayar Qwerty yang juga memiliki tempat di beberapa hati penggemar gadget yang terkadang merasa kurang cakap mengoperasikan ponsel layar sentuh. Perangkat itu bernama Evercoss A10Q.
“Evercoss memiliki seri layar Qwerty yang tetap memiliki tempat di hati penggemar. Terutama customer dewasa yang merasa ribet ketika harus menggunakan layar sentuh,” ujar Owner Kingdom Telecom Jl. Ahmad Yani Arjosari, Irfan Tri Jatmiko, kemarin.
Dia menuturkan, seri terbaru Evercoss ini mengalami update sistem operasi (OS). Bila sebelumnya masih menggunakan OS Jelly Bean, maka pabrikan yang kini bercita-cita go internasional tersebut sudah memasang Android 4.4 KitKat. “Seri ini sebelumnya sangat digemari oleh customer low end. Karena banyak peminatnya, maka hadirlah dengan OS yang lebih baru,” beber dia kepada Malang Post.
Pria ramah ini menyampaikan, bila Evercos A10Q dengan layar Qwerty memang menyasar pengguna mature atau matang. Terutama pengguna yang tidak memperhatikan brand ketika menggunakan sebuah smartphone. A10Q hadir dengan layar berukuran 3.5 inci resolusi FWVGA 320 x 480 piksel. Bodinya berdimensi 132.5 x 62.5 x 11.3 mm dan bobot sekitar 114.3 gram. Pada bagian bawah layarnya terdapat jajaran tombol fisik keyboard Qwerty.
HP Android qwerty 114.3 Evercoss A10Q dibekali dengan prosesor dual core berkecepatan 1GHz yang disandingkan dengan RAM 256MB dan ROM 512MB plus dukungan slot microSD. “Memori internalnya sebesar 4 GB. Sementara bila kurang bisa mengekspansi dengan tambah eksternal memori,” tutur dia panjang lebar.
Untuk kamera, Evercoss A10Q memiliki dua buah kamera. yaitu 3MP pada bagian belakang dan 1.3MP pada bagian depan. Sementara untuk fitur konektivitas terdapat dukungan dual SIM GSM, 3G, HSDPA, Wifi, Bluetooth, Port USB dan Jack audio 3.5mm. baterai yang digunakan pada Evercoss A10Q adalah tipe Li-ion berkapasitas 1.300 mAh.
Dia mengakui, perangkat ini menarik perhatian, terutama bagi orang tua yang akan membelikan Android kepada anaknya yang masih duduk di bangku SD ataupun SMP. “Apalagi harganya sangat terjangkau, di kisaran Rp 500 ribuan,” pungkas dia. (ley/udi)