Pamor iPhone 5s Menanjak

MALANG – Tidak sabar menunggu kehadiran iPhone 6, penggemar smartphone Apple pun kini berburu seri lawasnya. Tercatat, di beberapa outlet permintaan seri iPhone 5s meningkat terutama untuk pilihan memori 16 GB.
Sales Gadget Shop Malang Plaza, Wike Lestari menyampaikan, seri iPhone 5s tengah diburu. ”Sebenarnya ada beberapa pilihan internal memori, 16 GB, 32 GB dan 64 GB. Tetapi yang paling laris 16 GB dengan harga paling terjangkau,” ujarnya.
Menurutnya, pengguna gadget memiliki penilaian tersendiri dan berburu seri 5s. Akan tetapi, yang paling utama tertarik dengan kualitas dari perangkat besutan Apple tersebut. ”Namun tidak jarang yang akhirnya memberi iPhone 5 karena tidak sabar menunggu seri iPhone 6,” beber dia.
Menurut Wike, iPhone 6 sebenarnya sudah membuat penggemar gadget penasaran. Sejak resmi diluncurkan medio Oktober 2014 lalu, banyak yang menunggu kehadiran iPhone 6. ”Yang tidak sabar, ya beli seri 4s, 4c, 5c maupun 5s yang di awal tahun ini penjualannya lebih banyak ketimbang bulan-bulan sebelumnya,” terang Wike kepada Malang Post.
Dia menerangkan, setiap hari selama bulan Januari ini dipastikan ada penjualan iPhone. Untuk seri 5s, dalam sepekan antara 4-6 unit. Jumlah ini, diakuinya di luar perkiraan.
Terpisah, Leader Customer Service Global Teleshop MOG, Silvy Novita menyebutkan, pamor iPhone 5 memang tengah menanjak. Alasannya, di awal tahun ini harganya juga lebih murah, di kisaran Rp 7 jutaan saja. ”Sebelumnya kan masih lumayan tinggi untuk seri 5s di kisaran Rp 8 juta,” urainya.
Menurut dia, penggemar gadget di Malang pun harus bersabar bila menginginkan iPhone 6 yang resmi. Sehingga, outlet seperti Global tidak berani menjanjikan kedatangan iPhone 6.
Sementara itu, terkait fitur dari iPhone 5s sangat berkualitas dan menyasar pasar premium, layaknya pamor Apple saat ini. Dari segi fisik iPhone 5s menggunakan sensor sidik jari yang terintegrasi pada tombol ’Home’ di bagian muka. Kini tombol ini dibuat dari bahan safir yang anti gores dan mampu memindai sidik jari pengguna dari berbagai arah.
”Dari segi performa, untuk dapur pacu menggunakan prosesor 64-bit. Dengan prosesor ini, iPhone memiliki kinerja olah data dan grafis dua kali lebih kencang dibandingkan pendahulunya, Apple A6,” ujarnya.
Dia menambahkan, iPhone 5s mampu memanfaatkan sidik jari pengguna sebagai pengganti password untuk melakukan login, termasuk dalam membuka kunci lockscreen. Layanan Apple seperti iTunes juga mendukung otentifikasi pengguna melalui pemindaian sidik jari.
.Disamping itu, berkat teknologi LED-backlit IPS LCD dengan resolusi sebesar 640 x 1136 piksel, dipastikan tampilan gambar yang dihasilkan layar semakin jernih. Untuk melindungi layar dari goresan dan guncangan saat digunakan maka dilengkapi pula dengan teknologi Corning Gorilla Glass dan oleophobic coating.
Dengan dibekali fitur kamera belakang 8 megapiksel dan kamera depan 1,2 megapiksel.  Kamera ini telah dilengkapi dengan fitur yang sangat lengkap seperti autofocus, LED flash, 1/3.2 inci sensor size, geo-tagging, HDR photo, HDR photo. Selain itu, kamera dapat dimaksimalkan untuk merekam video dengan kualitas full HD,” jelasnya.
Seri ini mendapat dukungan jaringan internet mulai dari HSDPA berkecepatan 21 Mbps hingga LTE berkecepatan 100 Mbps. Selain itu, juga mampu berjalan pada jaringan EVDO Rev. A, up to 3.1 Mbps’.(mg12/ley/ary)