Jadikan iPhone Kamera Pengawas Rumah

Menjaga keamanan rumah adalah tugas pokok yang tidak bisa ditinggalkan oleh pemilik, namun sayangnya waktu dan tempat adalah kendala yang sering dihadapi untuk meningkatkan kewaspadaan tersebut.
Memasang perangkat CCTV bukan juga sebuah jawaban yang tepat, karena hampir semua orang tahu bahwa biaya pemasangan tersebut tidaklah murah. Lalu bagaimana cara menyiasati menjaga keamanan rumah dari jarak jauh?
Perangkat mobile atau smartphone adalah jawaban yang paling tepat untuk kebutuhan tersebut, terutama bagi pengguna perangkat Apple, seperti iPhone, iPad atau bahkan iPod Touch.
Seperti dilansir dari laman situs Cnet, Sabtu (31/1/2015), memasang aplikasi pada perangkat Apple untuk mengawasi rumah adalah cara yang cerdik dan murah. Melalui sebuah aplikasi yang bernama Manything, pengguna akan bisa memanfaatkan kamera iPhone, iPad atau iPod Touch menjadi kamera pengawas yang baik lengkap dengan sensor gerakan.
Cara penggunaan aplikasi ini pun diklaim cukup mudah untuk dipakai, pengguna dapat memanfaatkannya langsung dan kamera akan difungsikan sistem untuk mengawasi dan merekam gerak yang ada atau yang terjadi dan menyimpannya, serta melaporkan langsung ke pengguna.
Pengguna hanya perlu menyiapkan tripod sebagai penyanggah atau tempat dudukan perangkat, setelah itu meletakkan perangkat di tempat yang cukup strategis. Namun sebelumnya, aplikasi ini harus lebih dahulu diinstall pada perangkat berbasis iOS, yang bisa didapat langsung dari market aplikasi AppsStore.
1. Install Aplikasi Manything yang ada dalam Apps Store
2. Setelah aplikasi berjalan, pengguna akan diminta untuk memasukkan nama user dan password untuk login. Pengguna bisa memasukkan login nama dari akun Facebook atau mendaftar langsung untuk mengaktifkan aplikasi.
3. Setelah aplikasi berjalan, pengguna bisa memilih langsung menu ‘Record using this device’ untuk mengatifkan proses perekaman kamera langsung. Meski ada pilihan lainnya yang menawarkan hanya untuk mengatifkan kamera saja.
4. Untuk memantau keadaan langsung, pengguna bisa mengaksesnya pada aplikasi Web manything di alamat situs www.manything.com
5. Menu rekaman yang diaktifkan pengguna akan dikirim hasil rekaman langsung ke dalam email yang terdaftar maupun langsung bisa mengakses dari situs, dengan terlebih dahulu memasukan akun login yang terdaftar.(ok/han)