Indosat Hadirkan HD Voice, Telepon Makin Jernih

MALANG POST - Kualitas suara percakapan yang jelas dan jernih telah menjadi kebutuhan mutlak bagi pelanggan telekomunikasi saat ini. Memenuhi kebutuhan pelanggan tersebut, Indosat menghadirkan fitur HD Voice di beberapa wilayah di Indonesia, seperti Jakarta dan Makassar.
Fitur HD Voice memungkinkan pelanggan Indosat mendapatkan pengalaman menikmati kualitas layanan suara yang lebih jernih, jelas dan seolah tanpa jarak saat melakukan panggilan.

“Kami menyadari tren komunikasi pelanggan yang lebih banyak menggunakan data, meskipun demikian kami percaya bahwa pelanggan masih memerlukan penggunaan layanan voice dengan ekspektasi kualitas yang tinggi,” kata President Director & CEO Indosat Alexander Rusli.

Menurutnya, saat ini fitur HD Voice telah dapat dinikmati pelanggan di sepanjang jalur protokol Jakarta, Jalan Thamrin – Jalan Sudirman Jakarta hingga di bagian selatan Jakarta, serta di Kota Makassar.

Secara bertahap layanan ini terus dalam penambahan coverage di berbagai kota terutama di kota-kota yang telah dilaksanakan modernisasi jaringan antara lain Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Batam, Balikpapan, Sukabumi, Bali, Medan, Pekanbaru, Padang, Mataram, Palembang, Manado dan beberapa kota lainnya. Diharapkan layanan ini sudah dapat dinikmati pelanggan secara nasional pada 20 Februari 2015.
Fitur Voice HD sendiri merupakan fitur untuk meningkatkan kualitas suara menjadi lebih jernih, dengan mengaktifkan AMR WB (Adaptive Multi Rate Wideband) yang memungkinan penggunaan frekuensi untuk aplikasi voice dari maksimum 3400 Hz menjadi dua kali lipat yaitu 7000 Hz.

Fitur dengan didukung perangkat berteknologi canggih ini mampu meningkatkan kualitas suara yang sangat jernih melalui jalur frekuensi yang lebih tinggi.

Namun untuk bisa menikmati fitur HD Voice ini juga harus didukung handset yang telah support fitur HD Voice, baik handset dari pembuat panggilan maupun penerima panggilan.

Disebutkan, sebagian besar smartphone yang diluncurkan sejak kuartal III tahun 2012 lalu telah mendukung fitur HD Voice. Saat ini terdapat lebih dari 300 handset dari berbagai brand di pasar yang telah mendukung penggunaan fitur HD Voice ini seperti handset terkini dari Apple, BlackBerry, Motorola, Nokia, LG, Samsung, Sony, HTC, Huawei, ZTE, Acer, dan lain-lain.

Teknologi HD Voice ini sendiri saat ini telah diimplementasikan oleh berbagai operator telekomunikasi di lebih dari 60 negara di dunia, termasuk oleh Indosat di Indonesia. (ley/aim)