Ekspansi Memori Capai 128 MP

MALANG – Bulan terakhir triwulan pertama tahun 2015, pasar gadget Malang kembali kedatangan seri terbaru dari Samsung. Pabrikan asal Korea ini menggoda penggemarnya di kalangan entry level dengan Samsung Galaxy J1. Gagdet yang memiliki spesifikasi terkini dan memiliki slot microSD sebagai ekspansi memori yang mencapai 128 MP.
“Bila melihat harganya, seri ini untuk memenuhi kebutuhan pengguna gadget di kalangan menengah,” ujar Head Store Erafone Malang, Herlin Septriana.
Sebelumnya, sejak triwulan terakhir di tahun 2014 lalu, Samsung rajin mengeluarkan gadget premium dengan pangsa pasar high end. Misalnya seri Galaxy Note 4 dan Galaxy Alpha yang harganya di atas Rp 5 juta. Menyusul kemudian, miniatur Galaxy Alpha dengan harga yang lebih terjangkau, Galaxy A3, A5 dan A7 yang kini sudah beredar serta menjadi best seller di pasaran.
Herlin menyampaikan, Samsung Galaxy J1 memiliki sasaran yang luas dengan harga terjangaku. Seri ini mendapatkan bandrol yang ramah di kantong, hanya Rp 1,6 jutaan saja. Tak pelak, penggunanya pun dipastikan memiliki porsi yang besar di pasar gadget. Mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa.
“Penggunanya ke berbagai kalangan. Sehingga, seri ini pun dijamin cepat mendapatkan tempat di hati penggemar gadget,” beber dia kepada Malang Post.
Samsung Galaxy J1 ini akan hadir dengan mengusung layar berukuran 4,3 inch. Layar itu mendapatkan balutan resolusi sebesar 480 x 800 piksel. Sementara, untuk tingkat kepadatan gambar yang diusungnya 218 (ppi) pixel per inch. Secara fisik, smartphone ini tampak nyaman dalam genggaman karena memiliki ukuran 129 x 68 x 8.9 mm serta berbobot sekitar 123 gram saja.
Samsung memberikan kapasitas yang besar pada media penyimpanan seri ini. Menurut Herlin, terutama pada sektor microSD yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk mengekspansi kapasitas mencapai 128 GB. Sedangkan pada bagian internal memori yang berfungsi utama sebagai penunjang aplikasi, memiliki space sebesar 4 GB.
“Pengguna bisa memaksimalkan untuk menyimpan beragam file melalu microSD. Tidak perlu khawatir kurang tempat,” imbuh dia.
Untuk sektor kamera, smartphone ini dilengkapi dengan dual kamera. Sisi kamera utama telah tertanam sebuah kamera dengan resolusi 5 MP yang lengkap dengan fitur auto focus dan juga lampu Led Flash. Sedangkan untuk kamera kedua yang diusungnya memiliki ukuran 2 MP.
“Ukuran 5 MP ada flash dan bisa mencari fokus secara otomatis, melengkapi seri ini menggoda penggemar gadget. Untuk selfie juga lumayan,” tegas Herlin.
Tak ketinggala sisi dapur pacunya, Samsung Galaxy J1 ini telah menggunakan sistem operasi Android 4.4 KitKat. “Belum Lollipop tapi sudah sangat cepat untuk akses ke dunia maya seperti browsing dan media sosial,” tandas dia. (ley/jon)